Steril Kucing

Seekor kucing betina akan menjadi dewasa pada sekitar umur lima atau enam bulan, pada saat itu secara biologis dia siap bereproduksi. Dengan masa kehamilan 63 hari maka seekor kucing betina bisa hamil dan melahirkan anak tiga kali dalam satu tahun. Jika pada setiap kelahiran dihasilkan lima ekor anak kucing (sangat mungkin lebih) maka dalam satu tahun seekor kucing betina akan menghasilkan keturunan tidak kurang dari 15 ekor anak kucing dalam satu tahun. Jika separuh dari anak kucing tersebut adalah betina maka dalam waktu tiga tahun seekor kucing betina akan memiliki 75 ekor cucu dan ini terus bertambah karena sang cucu juga akan hamil dan melahirkan pula.

Pupulasi yang bertambah dengan cepat akan menimbulkan persoalan, baik untuk kucingnya itu sendiri maupun untuk manusia di sekitarnya. Tidaklah mengherankan jika kemudian banyak anakan kucing yang dibuang ke pasar atau ke tempat sampah oleh pemiliknya dengan harapan kucing tersebut akan tumbuh dewasa dan hidup dengan cara mengais makanan disekitarnya. Tentu saja ini bukan menyelesaikan masalah namun hanya akan memindahkan masalah.

Solusi yang saat ini dianggap paling baik dan diterima diseluruh dunia adalah dengan membatasi populasi kucing dengan cara mensterilkan kucing betina maupun jantan yang tidak ditujukan untuk dibiakkan. Metode steril yang paling aman saat ini adalah dengan melakukan operasi ovario hysterectomi pada betina atau  pada kucing jantan dengan operasi kastrasi.

Sayangnya banyak pemilik kucing yang masih ragu ragu dengan metode ini, baik karena alasan religius maupun alasan rasa belas kasihan pada kucingnya. Beberapa pemilik juga khawatir akan biaya yang mahal jika ingin mensteril kucingnya.

Jika anda pemilik kucing disekitar Purworejo (Jawa Tengah) yang sedang mempertimbangkan untuk membatasi populasi kucingnya namun masih ragu akan metode steril dengan operasi ovario hysterectomi ataupun ragu dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan, dengan senang hati saya menyediakan waktu untuk konsultasi baik secara langsung di rumah/tempat praktek saya maupun chatting melalui whatsap. Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Untuk pemilik kucing disekitar Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta), bersama dengan kolega saya dari klnik meoong juga memberikan layanan steril berbiaya terjangkau, silahkan klik disini untuk menghubungi klinik meeong.