Kucing Memijat

Pernah suatu ketika saya melihat liputan di sebuah televisi swasta tentang kucing yang suka memijat tuannya, pada liputan tersebut disertakan video tentang pemilik kucing yang tidur telungkup dan si kucing memijit mijit punggung tuannya dengan menggunakan tangan (kaki depan) nya. Apa yang dilakukan si kucing tersebut sebenarnya adalah hal yang lumrah pada seekor kucing, gerakan ini sering disebut sebagai kneading.

Foto milik Michael GorzkaCC BY 2.0

Kneading yang ditunjukkan dengan gerakan kucing menekan benda lunak didepannya dengan tangannya (kaki depan) secara bergantian kiri dan kanan, seperti gerakan memijat, beberapa kucing juga menggunakan kaki belakangnya untuk memijat.

Terdapat beberapa penyebab atau alasan mengapa kucing suka melakukan gerakan kneading dan  juga apa manfaat bagi si kucing itu sendiri:

  1. Menyusu:Pada masa kecilnya bayi kucing memijit mijit perut ibunya pada saat menyusu,pijatan ini diduga menstimulasi keluarnya air susu dari kelenjar susu induk kucing. Ketika si kucing sudah beranjak dewasa, memori atau ingatan tentang memijat ini masih kuat dan karenanya sesekali muncul kembali.
  2. Persiapan Tidur: Konon pada jaman dulu kala, ketika nenek moyang kucing masih tinggal dihutan dan jauh hari sebelum kucing dipelihara sebagai kucing rumahan, nenek moyang kucing suka menggunakan alas jerami atau rumput yang ditata dan dipadatkan dengan gerakan tangannya untuk membuat alas tidur yang empuk dan nyaman, jadi gerakan kneading merupakan ritual persiapan kucing sebelum beristirahat.
  3. Jejak Bau: Seperti diketahui kucing punya insting untuk meninggalkan jejak berupa bau pada benda benda (termasuk manusia) disekitarnya yang dianggap sebagai miliknya. Dengan memijit mijitkan tangannya, kelenjar bau yang ada pada telapak tangannya akan melepaskan bau yang kemudian menempel pada benda yang dipijitnmya.
  4. Birahi: Bebeta ahli tingkah laku kucing berpendapat bahwa kucing betina yang sedang birahi suka melakukan kneading dan purring untuk membuat jantan yang ada disekitarnya tahu bahwa dia sedang birahi dan siap menerima pejantan.
  5. Olah Raga: Seperti kita ketahui, olah raga baik untuk kesehatan badan, kneading dan juga merenggangkan tubuh (mulet) mungkin merupakan cara kucing untuk melakukan olah raga.

Gerakan kneading ini biasanya dilakukan dalam keadaan kuku tersimpan namun jika si kucing melakukan kneading dengan kuku menonjol keluar maka ada resiko kukunya melukai tubuh kita, untuk menghindari hal ini – bisa dicegah dengan meletakkan selimut ditempat dia “kneading” atau bisa juga dijaga kukunya tidak panjang dengan jalan memotongnya secara rutin.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Memijat

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.