Tips Menyimpan Makanan Kucing Kalengan

Makanan kucing dalam kemasan kaleng atau makanan kucing jenis basah memang tidak se populer makanan kucing dalam bentuk kering (kibble). Hal ini bisa dipahami mengingat harga makanan basah relatif lebih mahal dibandingkan dengan makanan kering, juga penyimpanan makanan kering lebih mudah dibandingkan penyimpanan makanan basah. Walaupun demikian makanan kucing dalam bentuk basah sebenarnya relatif lebih baik dibandingkan makanan kering.

Alasan utama saya mengatakan bahwa makanan basah atau semi basah lebih baik dari makanan kering adalah faktor kadar air. Kadar air yang lebih tinggi pada makanan basah sangat berguna bagi kucing yang punya naluri “malas minum”, tidak mengherankan jika salah satu gangguan kesehatan utama pada kucing jaman sekarang adalah gangguan saluran perkencingan yang salah satunya disebabkan kurangnya konsumsi air.

Makanan basah juga memiliki bau yang lebih tajam sehingga lebih merangsang nafsu makan kucing, kucing pada dasarnya lebih mengutamakan bau daripada rasa sehingga bau yang tajam lebih menarik dari pada rasa yang enak. Pada kucing yang dalam masa penyembuhan dari sakit, saya biasanya menyarankan memberikan makanan basah untuk merangsang nafsu makannya.

Disamping kelebihan yang saya sebutkan diatas, tentu saja makanan basah mempunyai kekurangan dibanding makanan kering. Harga adalah salah satunya, seperti diketahui harga makanan basah relatif lebih mahal dibandingkan dengan makanan kering.

Kemudahan menyimpan juga merupakan salah satu alasan makanan kering lebih disukai pemilik kucing dibanding makanan basah. Berbeda dengan makanan basah yang tidak bisa dibiarkan lama dalam suhu ruang,makanan kering akan lebih lama bertahan dalam suhu ruang sehingga tidak mudah busuk atau jamuran.  Makanan busuk atau jamuran tentu sangat merugikan bagi kesehatan kucing dan harus dihindari.

Untuk menghindari memberikan makanan basah yang tidak layak kepada kucing berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

Gunakan Makanan Yang Sesuai Umur: Produsen makanan biasanya membuat produk yang berbeda untuk setiap kelompok umur ( kitten mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan kucing dewasa atau juga kucing yang sudah senior).sedapat mungkin gunakan makanan sesuai umur yang disarankan  produsen makanan tersebut.

Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa: Usahakan sebelum membeli makanan dalam kaleng untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa yang tertera, seperti manusia juga – kucing tidak seharusnya mendapat makanan yang kadaluwarsa.

Tidak Menyimpan Dalam Freezer: Pembekuan makanan kaleng tidak disarankan karena akan mempengaruhi tekstur dan rasanya, sebaiknya simpanlah makanan kaleng yang sudah dibuka pada lemari es pada suhu 4-7 derajat celcius.

Jangan Simpan Lebih Dari Seminggu: Makanan kalengan yang sudah dibuka tutupnya dan disimpan dalam lemari es seharusnya harus habis dikonsumsi  dalam waktu 5 sampai 7 hari. Lebih dari 7 hari, makanan akan mulai berubah dan menurun  kualitasnya atau bahkan mulai membusuk.

Tulis Catatan Tanggal Pada Kaleng: Beri catatan tanggal saat membuka kaleng pertama kali, hal ini penting dilakukan supaya kita tidak lupa sudah berapa lama makanan kalengan tersebut terbuka. Tindakan kecil ini akan membantu kita terhindar dari memberi makanan yang terlalu lama terbuka.

Berikan Makan Secukupnya: Makanan basah yang tersisa dalam petbowl lebih dari 4 jam dalam suhu ruang, tidak boleh dikonsumsi oleh kucing, pada suhu ruang bakteri akan mudah tumbuh. Karena itu tuangkan makanan secukupnya dalam petbowl dan jangan sampai tersisa, lebih baik kurang (untuk kemudian ditambahkan sedikit ) dari pada kelebihan makanan dan kemudian tidak termakan sampai lebih dari 4 jam.

Dengan menyimpan dan memberikan makanan kucing dengan baik dan benar diharapkan, potensi yang terkandung dalam formulasi makanan tersebut bisa memberi manfaat yang sebesar besarnya bagi kesehatan dan pertumbuhan kucing yang mengkonsumsi nya.

 

 

 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Tips Menyimpan Makanan Kucing Kalengan

Silahkan tinggalkan komentar disini