Konjungtivitis Karena Virus Herpes Kucing

Berbeda dengan konjungtivitis yang disebabkan Feline Chlamydia  (Chlamydophila felis) dan Feline Mycoplasma yang saya bahas dalam artikel terdahulu, konjungtivitis karena Feline Herpes Virus 1(FHV -1) lebih kompleks dan karenanya memerlukan pembahasan tersendiri.

Virus Herpes Kucing tipe 1(FHV – 1)sebenarnya virus yang umum dijumpai pada semua kucing dimuka bumi ini, sebagian besar kucing pernah terpapar virus ini ketika masih anakan. Virus yang terlanjur masuk kedalam tubuh kucing akan menetap dan tinggal dalam tubuh kucing tersebut seumur hidupnya walaupun tanpa gejala. Akan tetapi pada keadaan tertentu, virus ini bisa tiba tiba menimbulkan masalah dan menyebabkan kucing nampak sakit.

Faktor utama yang menyebabkan virus herpes ini tiba tiba ‘meledak” adalah STRES, artinya ketika kucing mengalami strss maka sistim kekebalan tubuhnya menurun dan virus herpes menjadi muncul serta menunjukkan gejala. Hal ini mirup dengan orang yang sakit flu, dimana pada manusia flu biasanya disebabkan oleh virus herpes manusia. Walaupun namanya sama namun virus herpes pada manusia dan kucing adalah berbeda dan tidak saling menularkan.

Virus herpes yang ada pada tubuh kucing tidak bisa diobati dan hanya bisa ditekan keberadaannya supaya tidak menimbulkan gangguan berarti.Gejala bisa muncul secara berulang dan terjadi tiba tiba dalam jangka waktu yang bervariasi, bisa sering terjadi namun bisa juga memerlukan waktu bertahun tahun untuk muncul kembali.Kucing yang dipelihara dalam kondisi yang baik sangat mungkin tidak pernah menunjukkan gejala sepanjang hidupnya.

Pada keadaan tertentu, virus herpes kucing ini bisa menyebabkan gangguan pada kornea mata dan jika ini terjadi maka kucing mungkin akan merasakan nyeri yang sangat pada matanya – hal ini karena pada kornea mata terdapat syaraf syaraf yang sangat sensitif. Jika kornea maata tergangu maka penglihatan kucing juga menjadi terganggu pula, namun untungnya sangat jarang terjadi mata kucing menjadi buta karena virus herpes ini.

Mengobati kucing penderita merupakan tantangan tersendiri karena pengobatan biasanya menimbulkan stres dan stres akan menurunkan kekebalan tubuh yang berakibat memperburuk keadaan.

Prinsip pengobatan konjungtivitis karena virus herpes ini selain memberikan obat anti virus (yang biasanya tidak terlalu efektif) juga dengan cara sedapat mungkin meminimalkan stress pada kucing penderita.

Pemberian antibitiotika akan membantu meminimalkan efek karena infeksi sekunder bakteri dan pemberian suplemen pada penderita akan bermanfaat memperkuat kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan kerusakan yang diakibatkan virus. Namun perlu dicatat bahwa pemberian obat obatan maupun suplemen tersebut harus dilakukan dengan cara sebaik mungkin sehingga tidak menyebabkan stress pada kucing.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Konjungtivitis Karena Virus Herpes Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini