Perkembangan Bulan Kedua Usia Kucing

Pada rentang usia 4-6 minggu anak kucing sudah mulai makan makanan padat (selain ASI dari induknya) dan bisa disapih penuh pada usia 6 minggu. Adalah hal yang normal jika pada usia ini anak kucing nampak memakan kotorannya sendiri , hal ini karema pada usia tersebut mereka masih dipenuhi rasa ingin tahu tentang apa yang ada di sekelilingnya dan dengan segera meraka akan segera menyadari bahwa material tersebut tidaklah terasa enak dan tidak bisa dimakan.

Kucing yang dibiarkan diluar rumah (outdoor) akan dilatih berburu oleh induknya, yang dimaksud berburu disini tentu bukan berburu seperti nenek moyang mereka dihutan namun lebih pada ketrampilan berburu yang sudah dimodifikasi dalam kehidupan modern. Sehingga kita sering melihat anak kucing yang nampak bermain kejar kejaran dengan saudaranya, mengejar binatang kecil seperti kupu kupu atau serangga. Jika sang induk memperoleh buruan (misalnya tikus) maka tikus tersebut akan dibawa pulang untuk diberikan ke anak anaknya. Saya pernah memiliki kucing (tadinya kucing liar) yang “nakal”, punya kegemaran berburu ayam tetangga dan ketika punya anak dia suka membawa ayam buruannya ini anaknya. Menyediakan mainan bagi anak kucing pada usia ini akan sangat bermanfaat.

Pada periode 4 – 6 minggu ini juga, proses sosialisasi dengan manusia (dan juga kucing atau hewan lainnya) dimulai. Anak kucing yang kurang bersosialisasi pada usia ini akan kesulitan bersosialisasi setelah dewasa nantinya. Akan bermanfaat bagi pemilik untuk sering “bersosialisasi” dengan kucingnya pada usia ini, sehingga pada usia selanjutnya si kucing akan lebih menyenangkan jika diajak bermain.

salah satu hal menarik yang terjadi pada rentang waktu 4-6 minggu adalah adanya perubahan warna mata anak kucing. Karena bertambahnya kerapatan pigmen pada mata kucing maka mata yang tadinya berwarna biru akan berubah menjadi kuning atau hijau, namun kucing  ada juga kucing yang memang memiliki sedikit pigmen matanya tetap berwarna biru sampai dewasa.

Perlindungan penyakit sampai usia 6 minggu masih ditopang oleh maternal antibodi yang didapat dari induknya melalui kolostrum. Namun seiring dengan waktu setelah usia 6 minggu kadar antibodi ini makin lama makin menyusut.

Pada periode 6-8 minggu anak kucing sudah mulai belajar mandiri dalam hal kebutuhan dasarnya (makan minum dan buang air). Waktu terbaik untuk memisahkan anak kucing dari induknya (untuk dipindahkan ke rumah baru) adalah setelah usia 8 minggu, walaupun sebenarnya sudah bisa dilakukan mulai usia 6 minggu.

Karena maternal antibodi mulai menurun maka sangat disarankan untuk memulai program vaksinasi anak kucing setelah usia 8 minggu, tanpa proteksi dari vaksinasi maka kucing tersebut tidak mempunyai antibodi untuk melindungi dirinya dari kemungkinan infeksi penyakit – terutama penyakit karena virus yang tidak ada obatnya.

 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Perkembangan Bulan Kedua Usia Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini