Bulan Pertama Usia Kucing

Memelihara sendiri bayi kucing tanpa induk sangatlah tidak disarankan, karena perlu ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Dalam keadaan tertentu hal ini tidak terhindarkan.

Anak kucing yang baru dilahirkan tergantung penuh pada induknya, dari sang induk anak kucing mendapatkan : makanan,kehangatan, dan bahkan untuk buang air juga masih harus dibantu induknya. Pada usia empat minggu pertama ini, anak kucing mulai melakukan penyesuaian untuk dapat mandiri.

Pada saat baru lahir, anak kucing belum bisa melihat dan juga belum bisa mendengar,namun anak kucing bisa bergerak untuk menemukan tubuh induknya sehingga mendapatkan kehangatan dan juga bisa menemukan puting susu induknya untuk mendapatkan air susu. Hal ini dikarenakan anak kucing sudah bisa mencium dan juga karena adanya “reseptor sentuh” pada wajahnya.

Karena pentingnya peran induk pada minggu minggu pertama kehidupan seekor kucing, maka tingkat kesulitan memelihara anak kucing tanpa induk sangatlah tinggi. Pada kucing piatu seperti ini kita harus menggantikan peran sang induk.

Jika kita membesarkan anak kucing pada periode ini tanpa induknya maka kita harus menyediakan beberapa hal pokok: memberikan kehangatan, memberikan makanan dalam bentuk susu pengganti dan juga membantu kucing untuk buang air. Cara membantu anak kucing untuk buang air bisa dilakukan dengan menempelkan kapas yang dibasahi air hangat dan kemudian diusap-kan pelan pelan ke anus dan organ kelamin nya.

Perlu diperhatikan bahwa susu pengganti untuk anak kucing tidaklah sama dengan susu yang dikonsumsi manusia. Walaupun kucing suka dengan rasa susu sapi (sehingga suka menjilati) namun sesungguhmya kucing sensitif terhadap laktosa (yang ada terkandung dalam susu), hal ini dikarenakan sistem pencernaan kucing tidak memiliki cukup enzym untuk mencerna laktosa. Secara teoritis,kurangnya kemampuan mencerna laktosa ini menyebabkan kucing bisa diare jika mengkonsumsi susu sapi biasa. Walaupun saya sering menjumpai kucing yang tidak bermasalah dengan susu sapi, namun saya sarankan agar berhati hati dan tidak berlebihan dalam memberikan susu sapi ke kucing.

Dengan mulut,tubuh dan perut yang masih kecil,bayi kucing akan minum susu sedikit demi sedikit namun berkali kali. Pada minggu pertama bayi kucing perlu menyusu setiap 2 jam, pada minggu kedua dan ketiga perlu menyusu setiap 3 jam, pada minggu ketiga sampai keempat bayi kucing menyusu setiap 4 jam namun pada tengah malam sampai pagi hari sudah tidak harus menyusu. sedangkan pada minggu keempat, bayi kucing cukup menyusu setiap 4 jam dan mulai disapih.

Mulut merupakan organ yang sangat penting bagi anak kucing, dalam beberapa jam pertama setelah lahir – anak kucing sudah bisa membuka dan menggunakan mulutnya untuk mendapatkan susu dari induknya. Adapun mata anak kucing yang terpejam ketika baru lahir, akan mulai terbuka pada usia 8 – 11 hari. Pada usia ini sering terjadi kelopak mata belum terbuka karena lengket oleh kotoran. Jika ini terjadi bersihkan pelan pelan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat.

Walaupun bayi kucing mulai bisa mengetahui adanya suara pada umur lebih kurang 10 hari, namun mereka belum mampu untuk mengenali suara sampai usianya lebih kurang tiga minggu atau 21 hari. Pada umur tersebut daun telinga kucing juga nampak mulai tegak (sebelumnya daun telinga terkulai menutup lubang telinga).

Telapak tangan dan kaki kucing sudah bisa merasakan sentuhan sejak pertama lahir,mulai bisa berjalan walaupun nampak sempoyongan pada usia dua minggu dan mulai belajar mengangkat kaki depannya pada usia 3 minggu.

Air susu induk (ASI) adalah hal yang sangat penting bagi bayi kucing, susu yang dikeluarkan 24 jam pertama mengandung kolostrum yang berisi antibodi atau zat kebal terhadap beberapa penyakit. Dengan kolostrum bayi kucing relatif aman dan terlindungi pada bulan pertama kehidupannya, setelah itu kadar zat kebal ini akan terus menurun. Karena perlindungan ini tidak permanen maka setelah usia 8 minggu sangat dianjurkan untuk mulai memberikan vaksinasi pada kucing.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Bulan Pertama Usia Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.