Kucing Suka Mencakar

Para pemilik kucing mungkin pernah atau bahkan sering dibuat jengkel oleh kucingnya yang suka mencakar pintu, meja kursi, bantal atau benda benda lain yang ada di sekitarnya.Perilaku mencakar ini bukanlah hal yang tidak normal, namun perlu diarahkan supaya tidak merusak.

Satu hal yang pasti adalah kucing harus mencakar.Kucing akan merawat kukunya secara rutin sebagaimana dia merawat rambutnya. Jika kucing merawat rambutnya dengan cara menjilati maka dia akan merawat kukunya dengan cara mencakar cakar. Dengan mencakar maka bagian luar dari kuku yang sudah rusak akan terlepas dan karenanya bagian kuku yang baru tumbuh akan terekspos keluar.

Selain membuang bagian kuku yang sudah rusak dengan mencakar kucing akan melatih otot dan tulang tulangnya. Pada saat kucing mencakar benda benda yang lebih tinggi darinya, maka kucing tersebut akan meluruskan otot dan tulang punggungnya, mirip dengan manusia yang melakukan senam.

Selain kedua hal tersebut diatas, mencakar juga merupakan cara kucing untuk menandai wilayahnya, semacam memberi stempel pada benda benda yang dicakarnya.

Karena mencakar adalah perilaku yang normal pada kucing dan bahkan perilaku yang harus ada, maka kita tidak bisa dan tidak perlu untuk melarang atau menghukum kucing yang suka mencakar. Yang harus kita lakukan adalah mengarahkan kebiasan mencakar tersebut sehingga tidak merusak benda benda disekitarnya.

Mengarahkan kebiasaan kucing mencakar bisa dilakukan dengan menyediakan “scratching post” atau “tiang cakaran”, bentuknya berupa tiang yang dibungkus dengan material yang disukai kucing untuk dicakar (bisa berupa lilitan tali atau dibungkus dengan karpet yang dibalik). Scratching Post ini bisa dibeli dengan mudah di toko perlengkapan hewan kesayangan atau jika telaten bisa juga dibuat sendiri dengan mudah. Satu hal yang penting diperhatikan adalah scratching post ini harus cukup tinggi sehingga kucing bisa mencakar dengan nyaman sambil meluruskan tubuhnya.

Selain menyediakan scratching post,sangat dianjurkan juga untuk memotong kuku kucing secara rutin. Memotong kuku kucing akan mudah dan menyenangkan jika dimulai sejak dini karena jika tidak pernah atau tidak terbiasa dipotong kukunya, kucing cenderung merasa tidak nyaman dan berontak.

Untuk mengawali kebiasaan memotong kuku bisa dimulai dengan memotong kuku pada satu kaki terlebih dahulu, atau bahkan satu jari terlebih dahulu – jika sudah merasa nyaman dilanjutkan dengan jari atau kaki yang lain (baca juga artikel tentang Memotong Kuku Kucing).

Jika kucing sudah terlanjur suka mencakar benda benda yang seharusnya tidak boleh dicakar, maka tutuplah benda benda tersebut dengan bahan yang tidak disukai kucing lalu tempatkan scratching post didekatnya. Diharapkan perhatian kucing akan dialihkan ke scratching post untuk dicakar, berikan hadiah jika si kucing mau mencakar scratching post tersebut. Secara perlahan diharapkan kucing tidak akan lagi mencakar benda benda tersebut.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Suka Mencakar

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.