Kucing Muntah Darah

Muntah adalah pengeluaran isi perut melalui mulut,dan pada kebanyakan kejadian yang dikeluarkan adalah makanan dan tidak mengkhawatirkan.Selain makanan, terkadang ada juga cairan yang berwarna kekuningan atau kehijauan dan bisa pula muntahan yang dikeluarkan bercampur darah yang merupakan hal serius yang perlu segera ditindaklanjuti.

Muntah darah (yang disebut juga hematemesis)pada kucing bisa berupa darah yang berwarna merah segar maupun yang berwarna kegelapan seperti gumpalan bubuk kopi. Muntahan berwarna merah menandakan darah berasal dari saluran pencernaan bagian atas (mulut,kerongkongan) sedangkan yang berwarna kegelapan menandakan darah sudah mengalami pencernaan sebagian.

Muntahan yang berbentuk makanan biasanya tidak berbahaya dan seringkali merupakan hal yang normal pada kucing, akan tetapi muntah yang mengandung darah menunjukkan ada masalah yang serius dan harus segera dibawa ke dokter.

Ada beberapa penyebab terjadinya muntah darah dan yang paling umum adalah adanya ketidaknormalan pada saluran pencernaan bagian atas.Walaupun jarang terjadi, muntah darah juga bisa terjadi karena gangguan dalam mekanisme pembekuan darah dimana kucing mengalami muntah darah walaupun saluran pencernaannya dalam keadaan  normal dan sehat.

Gangguan pembekuan darah merupakan salah satu penyebab yang harus dipertimbangkan terutama jika nampak perdarahan pada bagian tubuh yang lain, ganguan pembekuan darah ini bisa terjadi misalnya pada kucing yang secara tidak sengaja memakan racun tikus.

Penyebab yang lebih sering adalah karena adanya luka pada saluran pencernaan karena berbagai penyebab, misalnya: benda asing (seperti tulang) yang melukai saluran pencernaan,peradangan pada kerongkongan akibat keluarnya asam lambung,bakteri, virus, parasit, efek samping obat,dll.

Untuk menentukan penyebab pasti dari muntah darah diperlukan pemeriksaan laboratorium yang memadai dan mungkin memerlukan waktu dan tentu saja biaya. Tanpa dukungan laboratorium yang memadai diagnosa yang tepat akan sulit dilakukan.

Terhadap kucing penderita muntah darah, dokter mungkin akan melakukan beberapa hal, seperti: memberikan larutan infus, menghentikan pemberian makan dan minum (supaya saluran pencernaan beristirahat), pemberian obat obatan untuk mencegah muntah, pengobatan untuk mengurangi pengeluaran asam lambung, pengobatan untuk melapisi saluran pencernaan yang terluka dan juga pemberian antibiotika untuk menangkal infeksi bakteri.

Pada kasus muntah darah karena adanya benda asing yang masuk ke saluan pencernaan, maka tindakan diperlukan tindakan untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam tubuh.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Muntah Darah

6 pemikiran pada “Kucing Muntah Darah

  1. Ella berkata:

    Pak maaf saya mau tanya klo kucing gue saya kan muntah makanan siang 2 klo nguarin makanan yg pertama banyak yg ke 2 sedikit, begitu pula pagijam 3.40 dia gitu juga tpi muntah yg kedua di bareng dengan darah itu kenapa ya dong dan cara nyembuhinya gimana?

  2. Kalau tidak melihat sendiri, tentunsulit mengatakan gumpalannya itu apa – namun bisa jadi itu hairball atau rambut kucing yang tertelan ketika dia self grooming.

    Saya tidak paham obat obatan herbal,jika kucingnya sekarang jadi lemah & tidak mau makan dan minum sebaiknya konsultasikan dengan dokter terdekat.

  3. fauzi berkata:

    Maaf pak saya mau nanya. Kucing saya pagi tadi 09-12-2017 itu muntah darah disertai sebuah gumpalan 1 berukuran agak besar dan beberapa gumpalan kecil, kira2 itu knpa ya???? Apakah ada rempah2 atau obat alami yg bisa menyembuhkan kucing saya. Terima kasih…

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.