Kucing Yang Hamil Palsu

Dahulu Setiap kali melihat kucing betina yang perutnya besar, anak saya (yang ketika itu masih kelas 3 atau 4 sekolah dasar) sering bertanya apakah kucing ini hamil betulan atau hanya hamil anggur.Saya tidak tahu dia mendapat referensi dari mana tentang hamil anggur, namun memang benar adanya bahwa ada yang disebut pseudopregnacy (hamil palsu pada kucing betina).

Pada dasarnya kejadian hamil palsu pada kucing muncul akibat adanya ketidak seimbangan hormonal pada tubuh kucing.Pada keadaan ini si kucing betina menampakkan gejala kucing hamil dan menyusui namun tentu saja tidak ada anak yang dilahirkan. Keadaan ini bisa terjadi 2 minggu sampai satu bulan setelah siklus birahi berakhir.

Seperti layaknya kucing betina yang hamil betulan, kucing yang hamil palsu menunjukkan gejala ibu hamil seperti: nesting (membuat tempat bersarang),gelisah, keluar cairan berwarna putih kecoklatan seperti susu dari puting susunya yang biasanya kemudian dijilati sendiri, nampak depresi dan mungkin juga berkurang nafsu makannya.

Walaupun penyebab mekanisme pasti penyebabbya tidak diketahui dengan jelas, namun kejadian hamil palsu ini berkaitan dengan mekanisme hormonal yang tidak seimbang dalam tubuh kucing terutama hormon prolaktin dan progesteron yang biasanya berperan pada kucing betina hamil dan menyusui.

Diagnosa hamil palsu dilakukan dengan memperhatikan sejarah dan gejala yang diamati pada kucing tersebut, pemeriksaan fisik(dengan melihat dan meraba)serta jika terdapat fasilitas yang memadai dengan pemeriksaan USG. Untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit yang lain, pemeriksaan darah dan urin akan sangat membantu.

Kucing yang menunjukkan gejala hamil palsu tidak harus diberi pengobatan,terapi hanya perlu dilakukan apabila kejadian ini berlangsung berkepanjangan. Pada keadaan normal gejala ini hanya berlangsung selama dua atau tiga minggu saja dan paling lama berlangsung satu bulan. Karena biasanya sang kucing akan menjilati puting susunya sendiri (dan ini merangsang terus keluarnya air susu dan memicu mastitis),maka pada kucing bisa dipasang elizabeth collar dan puting susunya dikompress air hangat.

Prognosa (ramalan ksembuhan) dari kucing yang hamil palsu biasanya baik, dan akan sembuh sendiri dalam waktu dua atau tiga minggu tanpa pengobatan. Apabila kucing tersebut tidak direncanakan untuk mempunyai keturunan lagi, maka sebaiknya kucing betina ini disterilisasi untuk mencegah munculnya kejadian hamil palsu.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Yang Hamil Palsu

5 pemikiran pada “Kucing Yang Hamil Palsu

  1. Iyus suherlan berkata:

    Iya 2,5bln itu usia dari hari pertama dia kawin .
    Di puting susu saya pencet sudah keluar air . Tapi di perut belom kelihatan tanda2 membesar..

  2. Maaf saya kurang paham yang dimaksud “sudah 2,5 bulan”, namun jika yang dimaksud itu adalah usia kehamilan sebaiknya dibawa ke dokter saja dan konsultasikan secara langsung

  3. Iyus suherlan berkata:

    Udah 2,5 bln blm ada tanda2 perut membesar
    Tapi do puting keluar air bening.. Ntah itu air susu ntah itu bukan..
    Apa itu hamil anggur?

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.