Heterochromia Iridium, Kucing Dengan Warna Mata Ganjil

Kita mengenal ada beberapa warna mata kucing yang umum dijumpai: biru, hijau,kuning atau kecoklatan. Pada kebanyakan kucing, baik mata kiri maupun kanan mempunyai warna mata yang sama. Namun sebenarnya ada juga kucing yang mempunyai warna mata yang berbeda antara mata kini dan kanan dan bahkan pada satu mata bisa terdapat dua warna yang berbeda.

Warna pada mata kucing ditentukan oleh pigmen yang namanya melanocyte atau melanin.Kerapatan pigmen inilah yang menentukan warna bola mata seekor kucing. Ketika seekor anak kucing lahir, pada iris matanya sama sekali belum terdapat pigmen melanin sehingga warna iris matanya sebenarnya transparan, karena pengaruh pembiasan cahaya kita melihatnya sebagai warna biru.Semua anak kucing akan terlahir dengan iris mata berwarna biru.

Seiring dengan pertambahan usia dan perkembangan tubuh kucing,maka pigmen melanin mulai masuk dan menyebar pada iris mata sehingga warna mata kucing akan nampak mulai berubah. Perubahan ini biasanya akan mencapai puncaknya pada usia 7-12 minggu dimana setelah itu warna mata kucing tidak akan berubah lagi.

Kerapatan pigmen melanin menyebabkan perubahan warna mata kucing, pada kucing yang tidak mempunyai melanin sama sekali maka matanya akan nampak berwarna biru, sedangkan yang mempunyai melanin dengan kerapatan sedikit akan berwarna hijau adapun yang lebih rapat akan berwarna kuning atau kecoklatan.

Pada umumnya penyebaran melanin ini bersifat merata ke seluruh bagian iris mata kucing dan juga merata antara mata kiri dan mata kanan, akan tetapi beberapa kucing mengalami kelainan dalam penyebaran melanin ini sehingga menyebabkan adanya perbedaan warna iris mata. Perbedaan ini menyebabkan perbedaan warna mata kiri dan kanan bahkan ada juga yang menyebabkan perbedaan warna pada satu mata yang sama (pada mata yang sama terdapat lebih dari satu warna).

Keadaan dimana terdapat perbedaan warna iris mata ini, biasa disebut sebagai heterochromia iridium, istilah ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti iris mata yang mempunyai warna berbeda. Terdapat dua macam heterochromia iridium: heterochromia total dan heterochromia sectoral.

Pada heterochromia total,terdapat perbedaan warna antara mata kiri dan mata kanan kucing – misalnya satu mata berwarna kucing sedangkan mata lainnya berwarna biru. Adapun pada heterochromia sectoral perbedaan warna terjadi pada satu mata yang sama dimana satu mata bisa mempunyai warna lebih dari satu.

Penyebab utama heterochromia adalah faktor genetik dan beberapa ras seperti Angora,Japanesse Bobtail dan Turkish Van dianggap mempunyai kecenderungan munculnya heterochromia yang lebih besar dibanding ras yang lain. Dari segi kesehatan tidak ada perbedaan antara kucing yang heterochromia dengan kucing biasa dan daya penglihatannya pun tidak ada bedanya.

Walaupun kucing yang mempunyai mata heterochromia adalah kucing yang sehat dan normal, akan tetapi patut dicatat bahwa heterochromia yang normal adalah heterochromia yang muncul sejak awal (sejak kucing masih muda). Adapun jika terjadi heterochromia pada kucing yang sudah dewasa, kemungkinan hal tersebut terjadi karena adanya gangguan kesehatan pada mata kucing tersebut.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Heterochromia Iridium, Kucing Dengan Warna Mata Ganjil

Silahkan tinggalkan komentar disini