Mengapa Kucing Penderita FLUTD Perlu Makanan Khusus?

Penyebutan Penyakit Saluran Kencing Bagian Bawah atau FLUTD ( Feline Lower Urinary Tract Disease) biasa diberikan pada gejala yang nampak akibat gangguan pada kandung kemih (vesica urinaria) dan uretra, uretra sendiri merupakan saluran sempit yang menyalurkan air kencing dari kandung kemih keluar tubuh,pada umumnya FLUTD tidak melibatkan ginjal.Pengertian FLUTD juga  termasuk pada keadaan cystitis (radang kandung kemih). Terlepas dari apa penyebabnya, seringkali kucing penderita FLUTD menunjukkan gejala yang sama.

Beberapa penyebab FLUTD antara lain: Adanya batuan atau kristal yang terbentuk didalam urin dan kemudian mengiritasi dinding kandung kemih, sumbatan pada uretra kucing jantan serta infeksi pada kandung kemih.

Bisa saja lebih dari satu penyebab terjadi pada saat yang sama dan sangat sulit untuk menentukan penyebab pastinya, keadaan ini biasa disebut sebagai idiopathic FLUTD.

Kucing penderita FLUTD biasanya mengeluarkan kencing dalam jumlah sedikit namun sering dan seringkali dan ini menimbulkan rasa sakit pada kucing tersebut.Pada beberapa kasus, kucing menunjukkan gejala mengejan serta mengeluarkan urin yang bercampur darah.

Adanya kristal dan batuan pada air kencing (urin) mengharuskan penggantian pakan menggunakan pakan yang diformulasikan khusus untuk penderita FLUTD.  Sangat penting bagi penderita FLUTD untuk memperbanyak konsumsi air guna mengencerkan urin. Memperbanyak konsumsi air bisa dilakukan diantaranya dengan memberikan makanan yang basah (pakan basah mengandung lebuh banyak air dibandingkan kibble yang kering). Karena penyakit ini tidak bisa diobati maka kemungkinan penderita FLUTD harus menggunakan pakan khusus seumur hidupnya, meskipun demikian dengan perawatan yang baik kebanyakan penderita FLUTD akan bertahan hidup dengan seperi kucing normal.

Pakan kucing yang diformulasikan khusus untuk penderita FLUTD memiliki fungsi: Menghancurkan batuan struvite (mineral pembentuk batuan pada urin),menambah volume urin (untuk mencegah pembentukan batuan struvite maupun kalsium oksalat).

Formula pakan ni juga mengandung kadar magnesium yang rendah (karena magnesium merupakan komponen struvite sehingga dengan kadar magnesium yang rendah juga akan menurunkan resiko pembentukan struvite), selain itu juga ditambahkan glycosaminoglycans atau GAGs (karena pada penderita cystitis biasanya kadar GAGs rendah).

Sifat pakan ini biasanya mengandung kadar protein yang tinggi, hal ini untuk merangsang PH urin menjadi 5,9 – 6,3 yang mana pada PH ini resiko pembentukan struvite akan diperkecil,mengandung lemak sedikit untuk mencegah obesitas (faktor resiko terjadinya FLUTD).

Pada saat ini terdapat beberapa produk pakan kucing yang diformulasikan khusus untuk penderita FLUTD, namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu untuk memilih produk yang sesuai.

 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mengapa Kucing Penderita FLUTD Perlu Makanan Khusus?

2 pemikiran pada “Mengapa Kucing Penderita FLUTD Perlu Makanan Khusus?

  1. Selamat pagi

    Karena saya bukan nutrisionis,maka saya ambilkan referensi dari AAFCO atau Association of American Feed Control Officials yang merekomendasikan kadar Mg untuk kucing dewasa 0,04%. Jadi mestinya kadar 0,03% masih tergolong aman.

    Terlepas dari itu – memang sulit mengetahui dengan pasti kandungan nutrisi dalam pakan komersial di pasaran. Sehingga menurut saya tetaplah harus mengamati keseharian kucing kita shg segera tahu kalau ada yang tidak biasa.

  2. difla berkata:

    selamat pagi, Dok…
    saya mau bertanya tentang kadar magnesium dalam pakan. rata2 produk dryfood tidak mencantumkan berapa kandungan magnesiumnya, tapi pada salah satu produk yang saya pakai untuk kucing saya, tertulis bahwa kadar magnesiumnya 0,03%. apakah jumlah tersebut masih aman untuk dikonsumsi, & tidak akan menyebabkan FLUTD dalam jangka panjang?
    terima kasih…

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.