Memotong Kuku Kucing

Bagi seekor kucing, kuku adalah alat dan senjata yang ampuh dan efektif, ujungnya yang tajam akan menancap dengan kuat ketika mencengkeram.Karena kuku merupakan jaringan hidup yang terus tumbuh, maka secara periodik kucing harus mengasah kukunya supaya tetap tajam dan tidak terlalu panjang sebab kuku yang terlalu panjang tidaklah sehat dan akan merepotkan kucing itu sendiri.

Seringkali kegiatan mengasah kuku dilakukan kucing dengan mencakar cakar (scratching) perabot rumah seperti meja atau kursi yang tentu saja meninggalkan bekas goresan yang dapat merusak keindahan furnitur tersebut. Untuk mengatasi scratching ini, bisa dilakukan dengan memberinya tiang cakar (scratching post) yang bisa dibeli maupun dibuat sendiri.

Untuk menghindari kuku yang terlalu panjang dan mengganggu serta untuk mengurangi kebiasaan scratching yang merusak bisa dilakukan dengan rutin memotong kuku kucing, selain itu memotong kuku kucing juga membuatnya lebih “aman” karena kuku yang tajam dan panjang akan mudah melukai ketika bermain main dengan tangannnya.

Untuk memotong kuku kucing tidak banyak alat yang perlu disiapkan dan yang paling utama tentu saja nail clipper (pemotong kuku), pada saat ini terdapat berbagai model nail clipper di pasaran baik yang berbentuk seperti gunting maupun yang berbentuk seperti tang.Jika tidak memiliki alat potong kuku khusus untuk hewan peliharaan, maka pemotong kuku untuk orang juga bisa di pergunakan dengan baik sepanjang tajam dan bersih.

Jika kucing sudah biasa dipotong kukunya sejak kecil maka pekerjaan memotong kuku akan menjadi lebih mudah karena akan sedikit sekali reaksi penolakan dari si kucing namun jika kucing sudah terlanjur dewasa dan belum terbiasa dipotong kukunya pada waktu kecil maka diperlukan sedikit kesabaran dan ketelatenan untuk memotong kukunya.

Terhadap kucing yang belum terbiasa dipotong kukunya, maka memotong seluruh kukunya tidak harus diselesaikan dalam satu sesi akan tetapi bisa saja dilakukan berulang ulang sehingga tidak perlu memaksa kucing jika muncul penolakan.

Posisi yang paling nyaman untuk memotong kuku kucing adalah dengan memangkunya.Awali dengan memangku kucing dan mengelus bagian yang dia sukai misalnya dibawah tengkuk atau di punggung. Tindakan ini diharapkan membuat kucing merasa nyaman dan bahkan jika mungkin akan lebih baik lagi jika si kucing sampai mengantuk dan tertidur di pangkuan.

Setelah kucing merasa nyaman dipangkuan, mulailah memegang dan mengelus jari jari nya dengan satu tangan. Hal ini bisa dilakukan dengan meletakkan empat jari kita dibawah tapak kucing dan ibu jari diatas tapak kucing sambil sedikit menekan.Elusan pada jari ini diusahakan tidak lebih dari tiga kali sentuhan, dengan sedikit tekanan menggunakan ibu jari maka kuku akan menonjol keluar.

Bagian dari kuku kucing yang boleh dipotong adalah yang berwarna putih transparan, sedangkan bagian yang berwarna pink berbentuk segitiga tidak boleh dipotong karena didalamnya terdapat syaraf dan pembuluh darah (bagian ini disebut quick).jika secara tidak sengaja quick ini terpotong sampai mengeluarkan darah, segera bersihkan darahnya dengan kapas steril dan tetesi dengan antiseptik (misal betadin).

Apabila kucing meronta ronta, jangan paksakan melanjutkan tetapi sebaliknya hentikan memotong kuku, lepaskan dan biarkan kucing menjadi tenang kembali dan lanjutkan memotong kuku pada kesempatan lain.Dengan cara demikian makin lama kucing diharapkan makin terbiasa dengan kegiatan memotong kuku ini.   

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Memotong Kuku Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.