Bentuk Tubuh Kucing dengan Berat Badan Ideal

Sebagaimana mahluk hidup yang lain kucing juga mengalami pertumbuhan dimana berat badannya akan bertambah seiring dengan umur dan waktu.Berat badan kucing adalah salah satu faktor yang menentukan kesehatan kucing secara umum.Menjadi terlalu gemuk atau sebaliknya terlalu kurus adalah hal sedapat mungkin yang harus dihindari.

Karena terdapat berbagai ras kucing dengan berat badan yang bervariasi, maka tidak tepat untuk menentukan ada atau tidaknya obesitas hanya berdasarkan berat badan. Kucing maine coon misalnya secara normal mempunyai bentuk tubuh yang besar dengan berat badan melebihi rata rata jenis kucing lainnya.

Sebagai gambaran umum, tiga parameter dibawah ini bisa dipakai sebagai acuan apakah seekor kucing memiliki berat badan yang ideal, underweight (berat badan dibawah normal) ataupun overweight (berat badan diatas normal), ketiganya adalah: tulang rusuk kucing,profil (bentuk tubuh) kucing dilihat dari samping dan profil (bentuk tubuh) kucing jika dilihat dari atas.

Hal pertama yang diperiksa adalah tulang rusuk kucing,adapun cara melihatnya adalah dengan cara meraba bagian dada dari kucing.Letakkan kedua ibu jari pada punggung kucing dan sebarkan empat jari yang lain menempel ke dada kucing. Idealnya tulang rusuk tidak terlihat menonjol namun dapat terasa ketika dada kucing diraba.Jika tulang rusuk tidak dapat teraba berarti overweight.Sedangkan jika tulang rusuk dapat terlihat dengan mata (pada kucing berambut pendek) maka kucing dapat dikatakan terlalu underweight.

Pemeriksaan kedua dilakukan dengan cara melihat kucing dari samping, usahakan mata kita sejajar dengan punggung kucing.Perhatikan posisi lambung kucing terhadap bagian dada kucing.Idealnya bentuk tubuh kucing mulai dari dada ke belakang membentuk garis lengkung keatas.

Pemeriksaan ketiga dilakukan dengan melihat kucing dari atas. Perhatikan bentuk pinggang kucing terhadap dadanya.Idealnya perut kucing tidak terlalu melebihi lebar dada dan antara perut dengan paha tidak terlalu melekuk kedalam.

Seekor kucing yang mengalami underweight maupun overweight menunjukkan bahwa status kesehatannya tidak optimal, untuk itu sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Bentuk Tubuh Kucing dengan Berat Badan Ideal

Silahkan tinggalkan komentar disini