Memperkirakan Umur Bayi Kucing

Jika kita memiliki kucing yang kita ketahui dengan pasti kapan lahirnya tentu dengan mudah kita dapat menghitung umurnya.Namun bagaimana jika kita menemukan atau mendapatkan bayi kucing yang tidak diketahui dengan pasti kapan lahirnya?, beberapa indikator dibawah bisa dipakai sebagai patokan untuk memperkirakan umur bayi kucing.

Tali pusar

Pada masa kehamilan,tali pusat merupakan saluran yang menghubungkan bayi kucing dengan induknya dengan fungsi utama menyalurkan nutrisi dari induk ke anak.Bayi kucing yang baru lahir masih mempunyai sisa tali pusat yang menempel pada pusarnya, tali pusar ini akan lepas pada sekitar 3-4 hari.Jadi jika mendapati bayi kucing yang masih menyisakan tali pusar maka bayi tersebut berusia kurang dari 4 hari.

Mata Sudah Terbuka

Semua bayi kucing lahir dengan mata terpejam yang secara perlahan akan mulai terbuka kelopaknya pada usia sekitar 8-11 hari.Sedapat mungkin hindarkan membuka paksa kelopak mata karena bayi kucing belum siap menerima rangsang cahaya. Retina mata mulai sempurna umur 5 minggu.Bila mendapati bayi kucing dengan kelopak mata yang sudah terbuka sempurna, bisa di perkirakan usianya lebih dari 8 hari.

Telinga Sudah Berdiri

Pada saat dilahirkan, daun telinga bayi kucing belum bisa berdiri tegak dan masih menutup lubang telinganya serta belum bisa mendengar.Daun telinga ini akan mulai berdiri dan bisa mendengar pada sekitar akhir minggu ketiga.

Mulai Merangkak dan Berjalan

Anak kucing mulai bisa berdiri sekitar umur 16 hari dan berjalan normal pada usia 21 hari.Pada minggu keempat bayi kucing mulai nampak aktif bermain main dengan saudaranya dan mulai belajar meninggalkan “sarang”nya.Jadi jika mendapati bayi kucing yang sudah bisa berjalan, maka diperkirakan usianya sudah lebih dari 4 minggu.

Gigi mulai nampak

Gigi susu mulai tumbuh pada sekitar minggu ketiga, gigi susu yang pertama muncul adalah gigi susu (gigi kecil yang terletak pada bagian depan sejumlah 6 buah pada rahang atas dan 6 buah pada rahang bawah), selanjutnya gigi taring (gigi panjang dan lancip berjumlah dua buah pada rahang atas dan dua buah pada rahang bawah)yang muncul pada sekitar usia 4 minggu,selanjutnya gigi geraham depan (berjumlah 6 buah pada rahang atas dan 4 buah pada rahang bawah) mulai muncul pada sekitar usia 5 minggu.Pada usia 8 minggu kesemua gigi susu tersebut sudah tumbuh lengkap.

Mulai aktif bermain dan berlari

Pada usia 5 minggu penglihatan sudah penuh berkembang, induk sudah mulai menyapih anaknya (jika ada induknya) sehingga pakan tambahan sudah bisa mulai diberikan (tidak semua anak kucing merespon sama dan diperlukan kesabaran). Kaki mulai aktif ketika bermain dengan saudaranya dengan gerakan mencakar dan menerkam.

Indikator yang saya sebutkan diatas bisa dengan mudah diamati secara visual tanpa alat bantu khusus. Saya tidak memasukkan berat badan dan ukuran tubuh sebagai indikator karena sifatnya yang bervariasi diantara kucing.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Memperkirakan Umur Bayi Kucing

6 pemikiran pada “Memperkirakan Umur Bayi Kucing

  1. Hai Maya,
    Tanpa melihat langsung, tentu tidak mudah untuk mengetahui apa yang terjadi – namun mungkin yang dimaksud Maya itu adalah sebagian tali pusar yang belum lepas seluruhnya.

    Sebaiknya dibawa ke dokter, namun jika belum memungkinkan – pemberian antiseptik seperti betadine akan membantu mengurangi resiko infeksi.

  2. Maya berkata:

    Dokter, bayi kucing saya berusia 7 hari tidak sengaja terpijak dan membuat tali pusarnya lepas serta keluar sesuatu seperti daging dari pusarnya yg berdarah. Kira2 itu apa ya dok? Dan bagaimana penanganannya?

  3. Chandra berkata:

    Terima kasih atas informasinya dok..
    Mungkin nanti setelah sehat baru sy mau vaksin untuk yg pertama kali..

  4. Hai Chandra,

    Maaf baru balas komentarnya sekarang.

    Biasanya bersin bersin itu gejala adanya infeksi saluran pernafasan bagian atas. Jika kucing masih mau makan dan minum serta tubuhnya tidak demam, maka kucing akan mampu untuk sembuh sendiri.Pemberian vitamin tidak masalah.

    Mengenai obat dsb, saya sarankan Chandra berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat. Sebagai referensi ada baiknya Chandra baca tulisan saya tentang ISPA di http://www.kucingfelin.com/2016/09/09/ispa-pada-kucing/

    Segala informasi yang saya berikan dalam blog ini haruus dianggap sebagai informasi tambahan dan bukan sebagai pengganti kunjungan ke dokter hewan.

    Semoga membantu

  5. Chandra berkata:

    Dokter saya mau tanya, saya punya kucing lokal usia mungkin 2-3bulan.. dan sekarang ini sering bersin dan seperti pilek.. jika diberikan obat yang baiknya obat apa ya dok? Untuk vitamin saya sudah kasih curcuma plus..
    Terima kasih dokter..

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.