Hypothermia, Kucing Yang Kedinginan

Walaupun memiliki rambut yang berfungsi sebagai pembungkus tubuhnya bukan berarti kucing tidak bisa kedinginan. Pada kondisi tertentu suhu tubuh kucing bisa saja jatuh di bawah suhu normal yang seharusnya berkisar antara 38ºC – 39,2ºC,kondisi ini biasa disebut sebagai hypothermia.

Tanda tanda hypothermia biasanya dimulai dengan tubuh yang menggigil,hal ini merupakan upaya alami kucing untuk menghangat kan tubuhnya.Bagian tubuh seperti daun telinga dan telapak tangan serta kaki menjadi dingin (karena letaknya yang paling jauh dari pusat peredaran darah).Suhu tubuh jatuh dibawah 36ºC pada pengukuran melalui rektum.Jika suhu tubuh terus turun maka kucing akan menjadi nampak letih dan lemah,detak jantung dan ritme napasnya juga melemah.Kedinginan menyebabkan kucing harus membakar cadangan energi dalam tubuhnya dan jika kondisi ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin kucing akan kehilangan kesadaran, koma dan mengarah ke kematian.

Kejadian hypothermia pada kucing ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya:terpapar suhu dingin karena tinggal di luar rumah,kehujanan atau hal lain yang membuat rambutnya jadi basah, karena pengaruh obat bius yang terlalu lama dan juga pada kucing yang baru lahir namun tidak mendapatkan perawatan memadai dari induknya.

Jika mendapati kucing dengan tanda tanda seperti diatas maka yang pertama harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik,pindahkan kucing tersebut ke tempat yang bersih dan lebih hangat.Jika tubuhnya basah, keringkan dengan handuk dan apabila tubuhnya kotor (misal karena kehujanan di luar) maka mandikan dengan air hangat serta keringkan dengan handuk.

Setelah itu hangatkan tubuh kucing dengan membungkus handuk yang hangat, handuk hangat ini bisa didapat dengan membungkus botol yang berisi air hangat sehingga hangatnya berpindah ke handuk tersebut.Selain menyelimuti dengan handuk, penghangatan bisa ditambah dengan menempelkan handuk kecil atau botol yang botol yang berisi air hangat.

Tempelkan pada bagian ketiak,dada,perut. Botol yang ditempelkan tidak boleh terlalu panas dan untuk memastikannya bisa dengan cara memegangnya dengan telapak tangan (jika tangan tidak bisa menggenggamnya karena panas, berarti suhunya harus diturunkan).Usahakan melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap 10 menit sekali. Ganti handuk atau botol yang hangat secara rutin sampai suhu tubuh mencapai lebih kurang 37,8ºC.Patut dicatat menghangatkan tubuh dengan hair dryer tidak disarankan karena bisa menyebabkan kulit terbakar.

Jika kondisi kucing tidak segera membaik, bawalah ke dokter hewan dan dokter hewan kemungkinan akan menambahkan terapi melalui dalam yaitu memasukkan infus yang dihangatkan atau memasukkan enema berupa air hangat melalui anus kucing.

Jika kucing yang kedinginan sudah nampak membaik, bisa berdiri dan berjalan maka selanjutnya diberikan terapi untuk mengembalikan energinya dengan cara memberi madu atau air gula. Larutan gula bisa dibuat sendiri dengan mencampur 4 sendok teh gula kedalam 500 ml air hangat. Jika si kucing tidak mau minum sendiri, berikan dengan cara meneteskan ke mulutnya.

Apakah anda punya pengalaman pribadi dengan kucing yang kedinginan,bagikan pengalaman anda dengan meninggalkan komentar di sini.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Hypothermia, Kucing Yang Kedinginan

8 pemikiran pada “Hypothermia, Kucing Yang Kedinginan

  1. dhyitarahm berkata:

    Assalamualaikum dok, saya punya kitten nih dok.. Dia baru usia 2bulan, entah kenapa dia sekarang yg biasanya aktif banget jadi lemes dan sering menggigil/gemeteran gitu dok badannya. Itu kenapa ya dok?? Boleh minta solusinya?? Dia jadi gak nafsu makan, minum, lompat2 dan lari lariannlagi deh…

  2. zeezee berkata:

    kucing aq sepertinya mengalami penyakit ini. sy lupa memasukan kandang dia kedlm dan sy pergi bbrp hr. penjaga rmh tdk perhatian. sy plg tiba2 kaki blkgnya lumpuh dan suhu tubuh nya 36 pas dibawa ke dokter. dan begitu dirawat malah makin drop jd 34. baru akhirnya ditaro di inkubator. aq sgt khawatir skali sampai nangis. aq mau rawat dia sendiri tp takut salah :”(

Silahkan tinggalkan komentar disini