Mastitis Pada Kucing

Kucing betina normal memiliki empat pasang (delapan buah )kelenjar susu yang fungsi utamanya adalah untuk memproduksi susu bagi anak anak nya. Pada saat kucing betina hamil, maka kelenjar susu ini akan nampak membesar dan pada akhir masa kehamilan biasanya air susu sudah mulai keluar.Selain sebagai sumber nutrisi, pada minggu minggu pertama setelah melahirkan air susu induk kucing ini juga mengandung kolostrum yang mengandung zat kebal terhadap beberapa penyakit (jumlah dan macamnya tergantung status kesehatan induk kucing) sehingga di usia awal, anak anak kucing yang dilahirkan akan terlindung dari beberapa penyakit.  

Namun ada kalanya proses produksi susu kucing ini terganggu bahkan bisa terhenti sama sekali, misalnya ketika induk kucing menderita mastitis yang merupakan peradangan pada kelenjar susu akibat infeksi bakteri.

Mastitis bisa terjadi pada satu atau lebih dari delapan kelenjar susu pada kucing. Bakteri yang menginfeksi biasanya masuk melalui lubang pada puting susu, namun terkadang juga bisa menyebar dari dalam tubuh kucing melalui peredaran darah. Kucing yang sudah tua dan kucing yang berada pada lingkungan kurang bersih lebih rentan terhadap mastitis.

Berdasarkan proses terjadinya, terdapat tiga macam golongan mastitis: mastitis septisemia, mastitis akut dan mastitis non septisemia.

Mastitis septisemia terjadi jika puting susu induk kucing mengalami kerusakan akibat disusui terus menerus oleh anaknya dan kemudian mengalami abrasi karena ketajaman gigi serta kuku dari si anak kucing. Kerusakan pada puting susu ini kemudian menjadi pintu masuk bagi bakteri yang ada disekitarnya. Selain dari lingkungan sekitarnya, bisa juga bakteri yang menginfeksi berasal dari dalam tubuh kucing sendiri (dari bagian tubuh yang lain yang terlebih dulu terinfeksi).

Mastitis akut terjadi jika pada kelenjar susu yang terinfeksi terjadi abses atau gangrene.

Adapun mastitis non septisemia terjadi jika terjadi sumbatan atau kebuntuan pada saluran pada puting akibat adanya gumpalan air susu. Gumpalan air susu yang terjadi merupakan media yang bagus bagi berkembang biaknya bakteri, akibatnya terjadi infeksi bakteri yang mengarah pada septisemia.Mastitis non septisemia ini biasa terjadi pada kucing yang mulai menyapih anaknya.

Gejala yang nampak pada mastitis bisa berupa: puting yang terkena nampak membesar berwarna kemerahan serta terasa sakit dan panas,air susu yang dikeluarkan mengandung nanah dan darah, kucing bisa mengalami demam, nampak depresi dan tidak mau makan,kelihatan lemah dan dehidrasi, tidak jarang pula kemudian menolak menyusui anaknya sehinggan menyebabkan anaknya terus menerus mengeong karena lapar.

Pengobatan oleh dokter berupa pemberian antibiotika secara sistemik,bilamana perlu diberi pengobatan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan, kelenjar susu yang membengkak dikompress air hangat, kelenjar susu yang mengalami mastitis harus dikosongkan (dikeluarkan susunya), apabila terdapat abses akan dilakukan drainase (pengeluaran nanah),jika kucing nampak sangat lemah mungkin diberikan terapi melalui infus, da jika kerusakan sudah terlalu parah kelenjar susu akan diangkat (dibuang).

Jika mastitis hanya terjadi pada sebagian puting, maka anak kucing masih dimungkinkan untuk menyusun dan puting yang sehat namun apabila yang terkena hampir semua puting – maka anak kucing harus dipisahkan dan diberi susu formula kucing dengan botol dot.

 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mastitis Pada Kucing

2 pemikiran pada “Mastitis Pada Kucing

  1. Jika peradangannya selesai nafsu makannya akan kembali normal, untuk sementara bisa dibantu dengan memberi makan yang berbau tajam (misalnya tuna). Apakah dokter yang memberi resep antibiotika juga menyarankan mengolesi minyak tawon pada kelenjar susu yang bengkak?jika iya – konsultasikan lagi perkembangan terakhir dan reaksi yang muncul.

    Semoga membantu

  2. Ida berkata:

    Kucing sy baru pertama kali melahirkan, dia sptnya mastitis pd kedua susunya, sdh dpt resep antibiotik, nafsu makannya kurang, kira2 dikasih apa ya spy selera makannya baik & masyitisnya sembuh. Kira2 brp lama biasanya sakit mastitis itu? …krn dia tampsk kesakitan saat sy olesi minyak tawon pd susu yg bengkak ..trims atas jawabannya.

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.