Mengamati Tanda Tanda Kucing Yang Merasa Sakit

Sangatlah menyenangkan apabila kita mempunyai ilmu seperti nabi sulaiman yang bisa berbicara dengan binatang (termasuk dengan kucing), namun sayangnya kita tidak mungkin memilikinya. Namun demikian jika kita jeli maka kitapun bisa “mendengar” keluhan kacing, terutama ketika merasa sakit.

Walaupun terkadang kita dibuat jengkel atau marah karena kucing kita bertingkah laku “tidak patut” misalnya menjadi agresif atau kencing sembarangan. Dari sudut pandang kucing, tingkah laku yang tidak patut seperti ini menunjukkan adanya hal hal yang tidak beres, karenanya memberi hukuman pada kucing tidak akan menyelesaikan masalah dan bahkan sering memperparah.

Perlu diketahui bahwa kucing sangatlah pandai menyembunyikan perasaannya ketika merasa sakit, dia akan berusaha sekuat mungkin untuk menyembunyikannya. Akan tetapi bagaimanapun juga kucing tetap akan memperlihatkan (walaupun sedikit) perubahan tingkah laku apabila dia merasakan sakit. Sangatlah penting bagi kita untuk sering mengamati tingkah laku kucing kucing kita dan cepat mengambil tindakan apabila dirasa ada yang tidak normal.

Karena sifat dan karakter kucing berbeda untuk setiap individu maka pemilik kucing seharusnya adalah orang yang paling paham apabila kucingnya menunjukkan hal hal yang tidak normal.

Sebagai panduan umum,beberapa perubahan tingkah laku dibawah ini bisa menjadi indikator bahwa kucing merasa sakit:

  • Kucing yang biasanya lincah tiba tiba menjadi lebih pendiam,tidak mau bermain main dan menjadi suka bersembunyi
  • Walaupun kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur namun jika kucing menjadi lebih banyak tidur dibanding biasanya (terutama pada tempat yang sama)merupakan salah satu indikasi adanya hal yang tidak beres pada tubuh kucing.
  • Menjadi lebih sulit atau cenderung menghindar ketika dipegang
  • Sikapnya menjadi lebih agresif dibanding biasanya
  • Menjadi malas beraktifitas misalnya kucing yang biasanya suka meloncat dan naik turun furniture dirumah tiba tiba menjadi tidak suka melakukannya.
  • Ketika beristirahat atau berjalan nampak kaku
  • Suka meringkuk dengan mata yang terpejam
  • Kurang berinteraksi dengan pemilik
  • Nafsu makan dan minum menjadi turun
  • Sering nampak ketakutan
  • Rambut tampak lebih kusam atau kumal.
  • Terdengar merintih atau mengeong ketika menggunakan toilet
  • Grooming atau menjilati rambutnya secara berlebihan

Apabila mengamati ada hal hal yang tidak normal atau tidak wajar pada kucing kita, usahakan segera berkonsultasi dengan dokter hewan – karena bisa jadi hal hal tersebut merupakan indikasi gangguan kesehatan pada tubuh kucing dan lebih awal tertangani akan lebih baik bagi si kucing.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mengamati Tanda Tanda Kucing Yang Merasa Sakit

13 pemikiran pada “Mengamati Tanda Tanda Kucing Yang Merasa Sakit

  1. Anggra berkata:

    Kurang lebih setahun, dok. Kucing jantan.
    Biasa saya kasih ikan es, ikan sarden rebus. Pernah saya kasih wishkas basah, dia ga mau jg.
    Skrg cm saya kasih air gula aja dok, biar tetep ad tenaga ny..

  2. Aris Baskoro berkata:

    Selamat sore Anggra, maaf baru balas sekarang

    Kucingnya umur berapa?,jantan atau betina?Biasanya diberi makanan apa?

    Untuk penanganan awal, cobalah diganti makanannya, misalnya diberi makanan yang berbau menyolok – misalnya ikan tuna dan amati reaksinya.

  3. Anggra berkata:

    Selamat malam dok.
    Sudah sekitar 2 hari kemarin, kucing saya nafsu makannya berkurang. Bahkan hari ini dia tidak makan sama sekali. Tapi dia suka jilatin batu bata pecah di sblh rumah saya. Itu knp ya dok? Saya khawatir. Apa ada solusi utk penanganan awal? Kasian kucing nya cuma tiduran aja, dan di tmpt yg sama. 🙁

  4. Aris Baskoro berkata:

    Benjolan bisa disebabkan beberapa hal, bisa itu merupakan abses karena ada luka (misal akibat gigitan kucing lain ketika berkelahi) atau bisa juga itu merupakan pembesaran kelenjar limfa karena ada infeksi. Jika memang ada idikasi infeksi, dokter biasanya akan memberikan antibiotika untuk menghambat infeksi.saya sarankan diperiksakan ke dokter saja.

    Adapun kucing mengeong dan suka kebelakang, mungkin dia memang mencari sesuatu – misalnya dia gelisah karena mencium ada kucing lain disitu.

  5. bintang berkata:

    Siang dok.

    Mau tanya cara mengobati benjolan lunak di leher kanan kucing gimana caranya ya, saya gak tega melihatnya seperti kesakitan. Meong meong terus, trus suka kebelakang rumah kayak nyari sesuatu gitu sambil meong meong.. itu kenapa ya dok

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.