Kucing Pedigree

Bagi para penyuka kucing (cat lover), kata pedigree  tentulah sudah tidak asing lagi. Pedigree pada awalnya mempunyai pengertian sertifikat yang mencatat asal usul (ayah dan ibu ) dari seekor kucing, namun seiring dengan waktu pengertian pedigree sering rancu dengan purebreed (galur murni). Pada saat ini gambaran umum tentang kucing pedigree adalah kucing yang,istimewa,cantik, indah dan tentu saja harga yang mahal.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa kucing pedigree adalah kucing yang mempunyai silsilah yang jelas dan tercatat, sedangkan kucing yang tidak jelas silsilah nya dan merupakan campuran dari berbagai ras kucing biasa disebut sebagai moggie.

Sejarah pertemanan kucing dengan manusia sudah dimulai sejak 4000 tahun yang lalu, dimana pada awalnya kucing hanya dipelihara sebagai

hewan penjaga hasil panen dari serangan tikus. Kucing kemudian berkembang biak dan beranak pinak secara alami tanpa campur tangan manusia . Pada abad 18 di Eropa mulai dikenal adanya kontes kucing (cat show), pada saat inilah mulai muncul minat dan kesukaan atas sifat sifat,karakteristik atau tingkah laku tertentu dari kucing.

Pada abad ke 18 pula ilmu biologi mulai berkembang pesat,tokoh ilmuwan legendaris diantaranya Darwin dengan teori evolusi dan juga Mendell yang meletakkan dasar dasar ilmu genetika modern.Pada saat itu mulai dipahami bahwa sifat dan karakter seekor anak kucing bisa ditebak berdasarkan sifat induk dan ayahnya. Dengan kata lain pengaturan perkawinan kucing bisa diarahkan untuk menghasilkan anak kucing dengan sifat dan karakter yang diinginkan. Sejak saat itu mulai muncul apa yang sekarang kita kenal sebagai cat breeding.  

Beberapa jenis kucing yang saat ini terkenal merupakan hasil breeding diantaranya kucing persia yang merupakan keturunan  dari kucing Angora. Adapun kucing exotic shorthair yang merupakan hasil persilangan kucing persia yang berambut panjang dengan kucing American Shorthair yang berambut pendek sehingga menghasilkan kucing berwajah bulat seperti kucing persia namun berambut pendek sehingga tidak memerlukan grooming intensif seperti kucing persia.

Untuk mendapatkan breed (jenis) kucing baru yang kita kenal sekarang, breeder melakukan beberapa hal:

  1. Mengawinkan kucing dengan sifat sifat dan karakter yang sama dan mengembangkannya menjadi breed (jenis) kucing tertentu, misalnya kucing persia yang merupakan pengembangan dari kucing breed Angora.
  2. Mengawinkan kucing yang mempunyai kelainan genetis (misalnya kaki yang pendek, telinga yang terlipat atau rambut yang sedikit) dengan kucing lain untuk menghasilkan kucing breed (jenis) baru, contoh: Kucing sphinx yang memiliki rambut sedikit.
  3. Mengawinkan kucing dengan breed yang berbeda untuk menghasilkan breed (jenis) baru, contohnya kucing breed persia dikawinkan denga breed American Shorthair menghasilkan breed Exotic Shorthair.
  4. Menyilangkan spesies lain dengan kucing untuk menghasilkan breed baru, misalnya kucing bengal yang merupakan hasil persilangan antara kucing hutan (Prionailurus bengalensis) dengan kucing rumah biasa.

Kucing hasil persilangan dari ayah dan induk yang diketahui dengan pasti “breed”nya tersebut kemudian didaftarkan pada lembaga sertifikasi kucing yang resmi untuk mendapatkan “pedigree” atau lebih kurang bisa disebut sebagai akta kelahiran.

Dengan demikian tidaklah tepat kalau kucing pedigree disebut sebagai kucing istimewa dibandingkan dengan kucing moggie namun lebih tepat disebut sebagai kucing yang berbeda,kucing pedigree mempunyai asal usul dari breed tertentu yang jelas sedangkan kucing moggie berasal dari campuran dari berbagai macam breed.

Baik kucing pedigree maupun kucing moggie keduanya mempunyai sifat sifat dasar seekor kucing yang sama.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Pedigree

Silahkan tinggalkan komentar disini