Kucing Galak Terhadap Orang

Pernahkah melihat kucing yang galak dan menyerang pemiliknya? Walaupun kebanyakan kucing mempunyai sifat jinak terutama kepada pemiliknya akan tetapi terkadang ada kucing yang pemarah dan agresif bahkan sampai menyerang dan menggigit secara tiba tiba walaupun tanpa adanya provokasi dari sang pemilik. Para ahli tingkah laku hewan menggolongkan sifat agresif kucing terhadap manusia ini kedalam tiga golongan : agresif predator (Predatory Aggression), agresif tidak langsung (indirect aggression) dan agresif dominan (dominant/territorial aggression).  

Sifat agresif predator (predatory aggression) terjadi ketika kucing yang diam di tempat tersembunyi (misalnya dibawah meja atau kursi) tiba tiba menyerang orang yang kebetulan melintas didekatnya. Kucing seperti ini biasanya tidak memperoleh waktu bersosialisasi yang cukup dengan saudara kandungnya sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk membiasakan diri mengendalikan sifat atau perilaku menggigit nya. Pada keadaan seperti ini, pemilik kucing bisa menghindari dengan cara membuat suara yang cukup keras ketika mendekati kucing tersebut, bisa juga dengan menyemprotkan air (misalnya pistol air mainan) setiap kucing akan menyerang. Akan lebih baik jika kucing seperti ini diberi mainan yang bergerak gerak seperti bola atau kertas yang digantung pada seutas tali untuk melampiaskan keinginan menggigit nya.

Tipe yang kedua adalah Agresif tidak langsung (indirect aggression), kucing yang menunjukkan sifat ini sebenarnya sedang merasa kesal atau kecewa terhadap suatu hal dan melampiaskannya kepada orang yang kebetulan berada didekatnya, misalnya kucing yang sedang marah terhadap kucing lain yang berada diluar rumah dan nampak dari jendela bisa tiba tiba menyerang orang yang ada didekatnya.

Bentuk ketiga adalah Agresif dominan (dominant/territorial aggression), kucing yang mempunyai sifat agresif tipe ini biasanya  suka menggigit ketika pemiliknya mengelus punggung atau ekornya tapi jarang sekali sampai mencakar. Kucing yang mempunyai sifat seperti ini bisa dilatih untuk berperilaku lebih baik dengan sepanjang pemilik bisa menunjukkan dominasinya terhadap si kucing. Apabila kucing ini melompat ke pangkuan pemilik dan kemudian menggigit nya maka tepuklah kucing tersebut beberapa kali lalu berdiri dan paksa kucing tersebut untuk turun dari pangkuan. Hindari (tolak) ketika kucing ini ingin menggosok gosokkan dagunya atau ekornya ke kaki pemilik dan tinggalkan

Dengan latihan yang konsisten sifat agresif kucing bisa dihilangkan atau paling tidak dihambat. Dari beberapa jenis kucing, kucing persia biasanya lebih tidak agresif dibanding kucing jenis lainnya.Jika anda memiliki pengalaman dengan kucing yang galak, silahkan bagikan dengan menulis komentar disini.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Galak Terhadap Orang

2 pemikiran pada “Kucing Galak Terhadap Orang

  1. Saya pernah punya kucing namanya Lilo. Dia jenis kucing anggora katanya. Dia memiliki tubuh yg besar n gagah, warna bukunya dominan hitam dan loreng macan. Jd sekilas dia nampak sprti macan kecil. Dia sering menggigit kami sekeluarga. Hampir semua dari kami pernah tergigit sama dia pdhl tdk pernah disakiti atau apapun. Malah saya sering digigut smpe telapak saya lobang 3 karena taringnya. Akhirnya saya memberikan sama orang krn saking takutnya anak saya yg msh umur 1 thn tergigit. Pdhl dia adl kucing yg sgt dkt dg saya.

Silahkan tinggalkan komentar disini