Kucing Yang Galak Pada Kucing Lain

Selain bersikap galak atau pemarah pada manusia, ada juga kucing yang bersikap galak atau pemarah pada kucing lain. Ada kucing yang memang selalu galak pada kucing lain, namun ada juga kucing yang tadinya bersikap manis pada kucing lain tiba tiba menjadi galak dan cenderung agresif.

Kucing yang mendominasi suatu wilayah (biasanya jantan), biasanya bersikap galak pada kucing jantan lain yang memasuki wilayahnya dimana kucing pendatang akan dikejar dan bahkan sampai berkelahi. Kucing penguasa wilayah ini bisa merupakan kucing yang datang dari rumah lain. Di rumah saya mempunyai beberapa ekor kucing di rumah termasuk seekor kucing jantan yang sudah dewasa kelamin dan beberapa kucing jantan yang masih anak anak. Kucing jantan saya yang sudah dewasa kelamin tersebut selalu ketakutan apabila bertemu kucing jantan lain (kucing tamu)walaupun itu di halaman rumah kami sendiri. Kucing jantan “tamu” ini begitu galak dan agresif mengejar sampai sampai sampai kucing jantan kami tersebut ketakutan dan berguling guling sambil buang air besar. Namun sifat galak ini tidak ditunjukkan pada kucing betina dan kucing jantan lain yang masih anak anak. Sifat galak seperti ini merupakan sifat galak yang dipicu oleh penguasaan wilayah (dominasi teritorial).

Terkadang ada kucing yang tiba tiba galak pada kucing lain walaupun sebelumnya mereka nampak baik baik saja. Kucing yang pulang dari klinik atau dokter hewan bisa saja tiba tiba dimusuhi kucing lain ketika pulang ke rumah (walaupun sebelumnya mereka sangat akrab).Sifat galak ini bisa jadi karena kucing yang baru datang dari klinik tersebut mempunyai bau atau aroma karena “terkontaminasi” bau kucing atau binatang lain ketika berada di klinik hewan karena kucing sangat peka terhadap bau.

Sifat galak pada kucing lain bisa juga terjadi ketika ada kucing baru atau kucing pendatang yang baru masuk ke sebuah rumah. Karenanya sangat penting bagi pemilik kucing untuk tidak langsung “muncampur” kucing pendatang dengan kucing lain yang sudah ada. Pisahkan kucing pendatang dan kucing yang sudah ada selama lebih kurang satu minggu, kemudian secara bertahap kenalkan satu sama lain. Mengenalkan bisa dimulai dengan mendekatkan mereka ketika makan, kucing lama yang dominan masukkan ke dalam keranjang dan letakkan mereka secara berdekatan ketika makan. Apabila keduanya sudah nampak mulai saling mengenal bisa dilanjutkan tahap berikutnya dengan bertukar kotak pasir (litter box) dan mengusap kain atau handuk yang sama secara bergantian terutama pada bagian dagu. Perlakuan ini bertujuan untuk saling mengenalkan bau kucing satu dengan lainnya.

Seperti juga sifat galak kepada manusia, bisa juga sifat galak pada kucing lain terjadi secara tidak langsung karena kucing marah atau kecewa pada seekor kucing lain yang nampak diluar rumah dan melampiaskan kemarahanya pada kucing lain yang kebetulan ada di dekatnya. Tentu saja sifat galak atau agresif ini akan dengan sendirinya mereda.

Jadi ketika menemui kucing yang galak pada kucing lain, usahakan mencari penyebabnya dan terapkan solusi yang tepat.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Yang Galak Pada Kucing Lain

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.