Suhu Tubuh Bayi Kucing Yang Baru Lahir

Ketika baru dilahirkan, bayi kucing mempunyai suhu tubuh sama dengan induknya namun setelah itu secara perlahan suhunya turun menyesuaikan dengan suhu ruangan. Dalam waktu 30 menit semenjak dilahirkan, seiring dengan tubuhnya yang mulai keringnya dan bayi kucing mulai menempel pada induknya – maka suhunya secara bertahap akan naik lagi sampai 35⁰C – 37⁰C. Selama tiga minggu pertama suhu tubuh bayi kucing akan berkisar 35,5⁰C sampai 37,8⁰C.

Suhu tubuh bayi kucing yang sehat akan berada di kisaran 10⁰- 12⁰ di atas suhu ruangan. Apabila sang induk meninggalkan bayinya lebih dari 30 menit dan suhu ruangan di bawah 21⁰C , sang bayi akan dengan cepat turun suhunya dan menjadi kedinginan, kondisi ini akan menyebabkan metabolisme tubuh bayi kucing menjadi menurun.

Bayi kucing yang baru lahir mempunyai sedikit cadangan lemak serta belum mempunyai mekanisme penyempitan pembuluh darah yang baik untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan. Ketika detak jantung mulai bertambah, energi makin banyak dibutuhkan dan energi didapat dari makanan yang dikonsumsi bayi karenanya bayi kucing yang tidak cukup mendapat asupan makanan akan cepat menjadi kedinginan.Kondisi kedinginan sangat membahayakan kelangsungan hidup bayi kucing.

Selama minggu pertama suhu ideal “kittening box” adalah antara 29⁰C – 32⁰C dan kemudian diturunkan secara bertahap sampai 21⁰C pada usia 6 minggu. Selain dari suhu ruangan hal lain yang mempengaruhi suhu tubuh  anak kucing masih mendapatkan pemanasan dari induknya atau dari alas tidurnya. Adapun kelembapan ideal untuk anak kucing berkisar antara 55% sampai 65%.

Anak kucing yang kedinginan harus segera mendapat bantuan untuk menghangatkan tubuhnya dan penghangatan harus dilakukan secara bertahap. Penghangatan secara mendadak akan menyebabkan pembuluh darah membesar dengan tiba tiba dan panasnya terbuang, kondisi ini akan menghabiskan kalori lebih banyak.

Cara menghangatkan bayi kucing yang mudah dan murah adalah dengan mendekatkan bayi kucing ke kulit kita di balik jaket atau baju hangat lainnya dimana kehangatan tubuh kita akan menghangatkan bayi kucing tersebut. Biasanya bayi kucing yang suhunya dibawah 34⁰C membutuhkan waktu 3 jam untuk menghangatkan nya. Ketika sudah hangat, bayi kucing bisa diletakkan dalam kitten box yang hangat.

Bayi kucing yang kedinginan dengan cepat mengalami hypoglycemia atau turunnya kadar gula dalam darah.  Pada keadaan seperti ini, bayi kucing tidak boleh mendapatkan susu (baik susu formula ataupun susu dari induknya) karena perut dan usus yang dingin tidak bisa mencerna makanan dengan baik dan menyebabkan perut kembung dan muntah muntah.Pada keadaan seperti ini bisa dilakukan tindakan dengan memberikan larutan glukosa ( 5 – 10%) yang hangat sebanyak 1 ml per kg berat badan kucing dan diberikan setiap jam. Selain larutan gula bisa juga diberikan larutan elektrolit semacam pedialyte yang bisa dibeli secara bebas di apotik.Jika tidak bisa mendapatkan larutan tersebut, bisa juga membuat larutan gula sendiri dengan mencampurkan satu sendok teh gula pasir (kurang lebih 8 gram) dengan 30 ml air.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Suhu Tubuh Bayi Kucing Yang Baru Lahir

4 pemikiran pada “Suhu Tubuh Bayi Kucing Yang Baru Lahir

  1. Iqbal berkata:

    Klo bayi kucing yg baru lahir, di tempatkan di ruangan ber ac dg suhu 30° bolehkah ? Dan apa efek nya bagi si bayi, dan atau hrs spt apa baik nya ? Mhn pencerahan, trims ..

  2. Aris Baskoro berkata:

    Selamat untuk Ardlini untuk kucing barunya, pasti sangat menyenangkan mempunyai kucing himalaya baru.

    Kotoran yang lembek tidak selalu berarti diare, dalam hal kucingnya Ardlini sangat mungkin ini terjadi karena perubahan lingkungan baru.

    Mengingat kucing ini baru saja diadopsi – perubahan pakan secara mendadak juga menyebabkan kotoran yang tidak normal.

    Apakah pakan yang diberikan saat ini sama dengan yang diberikan oleh pemilik lama?

  3. Ardlini kurniati berkata:

    Dear dok,

    Saya baru saja mengadopsi kucing himalaya umur 2 bulan 2 dok betina. Kucing ini lincah namun ketika buang air besar itu kotorannya lembek dan frekuensinya sering. Apakah kucing ini diare dok? Untuk perawatan dini dirumah apa yang harus saya lakukan? Terima kasih dok

Silahkan tinggalkan komentar disini