Kenali Penyebab Kucing Rewel Makan

Dalam hal makan, beberapa kucing mempunyai kecenderungan lebih memilih atau rewel dibanding kucing lainnya, kucing seperti ini biasa disebut disebut sebagai finicky eaters atau rewel makan.

finicky eatersedited_e

Berdasarkan penyebabnya ada beberapa macam rewel makan. Yang paling banyak terjadi adalah ketika kucing menyukai makanan dengan rasa tertentu atau makanan jenis tertentu, misalnya kucing menyukai makanan dari ikan atau ayam jenis tertentu. Apabila kucing lebih menyukai ikan, tidak akan menjadi masalah apabila pakannya sudah diperkaya (supplemented)dan diformulasikan secara seimbang sesuai kebutuhan nutrisi kucing. Tidak dianjurkan untuk memberi makan kucing dengan ikan yang tidak diperkaya dan diformulasikan untuk makanan kucing misalnya ikan yang dibuat untuk dikonsumsi manusia. Beberapa ikan (termasuk tuna,mackerel,lele,herring,dll) mempunyai thiaminase atau enzim yang bisa merusak thiamin atau vitamin B1, konsumsi ikan yang tidak tepat juga memungkinkan timbulnya steatitis atau Yellow Fat Disease, suatu peyakit yang disebabkan oleh konsumsi alam lemak jenuh yang berlebihan serta defisiensi vitamin E.  

Selain Kucing yang menyukai jenis makanan tertentu, kucing yang menderita penyumbatan hidung atau yang kehilangan kemampuan penciumannya ( dapat terjadi pada kucing lanjut usia) dapat juga menjadi penyebab kucing rewel makan. Seperti diketahui kucing lebih mengutamakan indera penciuman dari pada indera perasa dalam hal makan dimana nafsu makan kucing lebih dipicu oleh bau dibandingkan  rasa. Sehingga gangguan pada saluran pernafasan bagian atas yang kronis bisa menghalangi indera penciuman kucing dan karenanya membuat kucing kehilangan nafsu makan.

Adakalanya kucing menolak makan ketika merasa kecewa karena hal hal tertentu. Pindah rumah, adanya orang atau hewan piaraan baru dalam lingkungannya, perginya orang atau hewan lain yang disukainya adalah hal hal yang bisa menyebabkan kucing kehilangan nafsu makan. Hal lain yang kita anggap sepele juga bisa menyebabkan kucing ( terutama yang mudah gugup) merasa kecewa dan kehilangan nafsu makan, misalnya: kedatangan tamu yang asing,suara berisik di lingkungannya, piring atau mangkuk makan yang diganti. Dalam keadaan ini maka pemilik dituntut bertindak seperti detektif untuk mencari penyebab hilangnya nafsu makan dari kucing.

Terkadang kucing tidak mau makan tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya. Apabila si kucing masih beraktifitas normal maka biarkan atau diamkan barang satu atau dua hari kemudian cobalah memberi makanan yang biasanya dia suka tunggu dan amati reaksinya, biasanya kucing akan mau makan kembali. Apabila kucing tetap tidak mau makan maka sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kenali Penyebab Kucing Rewel Makan

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.