Unsur Penting Dalam Nutrisi Kucing

Kucing mempunyai kemiripan dengan mamalia yang lain dalam hal kebutuhan nutrisinya, namun kucing mempunyai kebutuhan atas beberapa nutrisi yang unik dan spesifik.

siwo makan tikus
Kucing sangat membutuhkan protein hewani dalam makanannya

Dibandingkan dengan anjing,kucing membutuhkan lebih banyak protein per hari dan protein ini harus berasal dari sumber protein hewani, hal ini untuk memenuhi kebutuhan asam amino yang penting untuk kucing. Asam amino arginin dan taurin adalah asam amino yang harus ada dalam pakan kucing setiap hari.

Asam amino arginin berfungsi membuang asam kelebihan asam ammonia yang ada di dalam tubuh kucing karena pakan yang tinggi protein. Karena arginin tidak bisa diproduksi oleh tubuh kucing sendiri maka arginin harus didapat dari makanan. Kekurangan arginin akan menyebabkan tremor, kurang koordinasi dan bisa berakibat kematian. Secara alami, jarang sekali terjadi kasus defisiensi arginin pada kucing , hal ini dikarenakan arginin terdapat didalam protein daging.

Asam amino taurin juga tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kucing dalam jumlah yang cukup seperti pada binatang lain. Kekurangan taurin bisa menyebabkan degenerasi retina mata yang berakhir dengan kebutaan, juga akan menyebabkan pelemahan otot jantung dan pertumbuhan yang terhambat.Daging adalah sumber asam amino yang terbaik. Produsen pakan kucing biasanya sudah paham akan pentingnya taurin ini dan menambahkan nya ke dalam pakan kucing buatannya. Sebaliknya pakan kucing buatan sendiri ada kemungkinan kekurangan taurin.

Terdapat 3 macam asam lemak esensial yang dibutuhkan kucing: linoleic, linolenic dan asam arachidonic. Linoleic dan linolenic terdapat dalam minyak sayuran, sedangkan arachidonic hanya terdapat pada lemak binatang. Karena Kucing tidak mampu merubah asam linoleic dan linolenic menjadi asam arachidonic sehingga kucing membutuhkan lemak binatang dalam pakannya.

Komponen lain yang penting terdapat dalam pakan kucing adalah vitamin A dan niacin. Kucing membutuhkan vitamin A dalam jumlah yang relatif tinggi akan tetapi tidak mampu merubah carotenoid ( terdapat dalam sayuran) menjadi vitamin A dalam tubuhnya sehingga membutuhkan nya terdapat dalam daging. Hati adalah sumber vitamin A yang baik akan tetapi konsumsi hati yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan tulang yang disebabkan kelebihan vitamin A. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kehilangan berat badan, kulit koreng, dan rambut rontok dan gangguan penglihatan serta reproduksi. Niacin juga tidak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh kucing sehingga harus didapat dari luar. Kekurangan niacin menyebabkan lemah, hilang berat badan, diare, gangguan mulut (termasuk mudah terserang virus herpes) dan gangguan respirasi.

Adalah hal yang tidak mudah membuat sendiri pakan kucing yang memenuhi kebutuhan harian nutrisi kucing tersebut Sehingga sangat masuk akal apabila banyak pemilik yang kemudian menggantungkan pada pakan buatan pabrik.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Unsur Penting Dalam Nutrisi Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini