Tanda Tanda Kucing Birahi

Pada dasarnya sistem reproduksi kucing mempunyai banyak kesamaan dengan hewan menyusui (mamalia) lainnya.

20160129_5DM2_1473

Pada umumnya usia pubertas seekor kucing betina bervariasi antara 5 sampai 12 bulan, pada kucing persia mencapai usia pubertas lebih lambat dan bisa mencapai satu setengah tahun. Di daerah tropis seperti Indonesia dimana sinar matahari bersinar terus sepanjang tahun siklus birahi kucing betina berlangsung sepanjang tahun setiap tiga atau empat minggu sekali (kecuali apabila kucing betina kawin dan kemudian menjadi hamil) dan berlangsung selama 4 sampai 7 hari.

Kucing betina yang sedang birahi biasanya mengalami perubahan tingkah laku, dimana kucing menjadi manja, rewel (banyak mengeong), gelisah, dan seringkali berjalan dengan punggung yang dilengkungkan seperti busur dengan ekor yang diluruskan. Tidak jarang betina yang sedang birahi menjadi suka berguling guling di lantai dengan sedemikian hebatnya sampai sampai seperti kejang.

Kucing betina hanya mau dikawinkan pada saat birahi saja. Diluar waktu itu kucing betina akan menolak untuk dikawinkan. Pada saat birahi kucing betina mengeluarkan hormon (pheromone) yang akan menarik kucing jantan. Jadi tidaklah mengherankan pada saat kucing betina birahi banyak kucing jantan akan mendekat.

Kucing jantan mencapai dewasa kelamin sedikit lebih lambat dibandingkan kucing betina tapi kebanyakan kucing jantan akan sudah mencapai usia dewasa kelamin sebelum berusia satu tahun.Kucing jantan yang diperbolehkan keluar rumah akan berkeliaran sampai beberapa hari dan bahkan berkelahi (dengan suara berisik yang sangat mengganggu) dengan kucing jantan lain untuk mendapatkan kucing betina. Kucing jantan yang tidak dikebiri biasanya menandai wilayahnya (marking) dengan kencing yang berbau menyengat.

Kucing betina memiliki delapan buah kelenjar susu dengan empat kelenjar di setiap sisi nya. Pada kucing yang masih muda, kelenjar susu ini tidak begitu menonjol dan nampak seperti sebuah bintik kecil. Kucing betina yang sudah pernah melahirkan dan menyusui memiliki kelenjar susu yang lebih menonjol.Pada kucing betina dewasa yang tidak dikebiri dimungkinkan muncul benjolan pada kelenjar susu yang merupakan tumor, walaupun kejadian tumor ini tidak sesering pada anjing namun apabila pemilik kucing menemukan gejala adanya benjolan pada kelenjar susu sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter hewan segera.

Operasi pengebirian sejauh ini dianggap banyak mencegah terjadinya masalah masalah kesehatan baik pada kucing jantan maupun betina, pada kucing betina bisa mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Untuk kepentingan kesehatan, seekor kucing betina sebaiknya menjalani operasi pengebirian (operasi ovariohysterectomy ) sebelum mencapai birahi yang pertama sekitar usia enam sampai tujuh bulan sedangkan jantan sebaiknya dikebiri (kastrasi) pada usia delapan bulan sehingga tidak sempat muncul kebiasaan marking (kencing untuk menandai wilayahnya). Kucing jantan yang dikebiri juga mengurangi kemungkinan sifat agresif terhadap kucing lain serta keinginan untuk  roaming (keluyuran).

Pada saat ini banyak dilaporkan bahwa baik pada kucing jantan maupun betina, operasi pengebirian yang dilakukan pada usia lebih muda tidak menimbulkan efek samping.  

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Tanda Tanda Kucing Birahi

Silahkan tinggalkan komentar disini