Rambut dan Kulit, Salah Satu Indikator Kesehatan Kucing

Salah satu pembeda berbagai ras (breed) kucing yang mudah dikenali adalah rambutnya (sering disebut sebagai “bulu”).Rambut merupakan insulator atau lapisan penahan antara kulit dengan dunia luar. Pada dasarnya terdapat 4 macam rambut kucing: ground hair, guard hair dan awn hair serta whisker.

cornish rex
Cornish Rex tidak memiliki guardhair

Down hair/undercoat/ground hair: Terletak di lapisan paling bawah, berupa rambut lembut yang biasanya berombak atau cenderung keriting. Bentuknya pipih dan tidak bisa berdiri tegak,jumlah down hair lebih banyak dari pada guard hair. Fungsi utama dari rambut ini untuk melindungi agar lapisan udara kering di dekat kulit tidak basah oleh air . Dengan kata lain rambut ini berfungsi yang berfungsi sebagai pengatur suhu.

Guard Hair : Merupakan rambut pada lapisan atas yang berukuran lebih besar dan lebih panjang dibandingkan downhair. Guard hair nampak seperti bulu yang muncul dari gerombolan downhair. Bagian ujung dari rambut ini merupakan rambut yang nampak dari luar tubuh kucing, mempunyai pigmentasi sehingga membentuk warna dan pola kucing dan berfungsi sebagai kamulfase. Rambut ini juga berfungsi menumpahkan air dan melindungi kulit kucing dari hujan dan radiasi sinar matahari. Guard hair merupakan rambut yang berdiri ketika kucing merasa terancam atau merasa takut.

Awn Hair : Rambut ini lebih panjang dari undercoat akan tetapi lebih pendek dari guard coat. Pada awalnya tumbuh sebagai guard hair namun sebelum sampai tengah perjalanan pertumbuhannya berubah menjadi rambut yang kecil dan berombak (mirip undercoat). Bagian bawah berfungsi seperti undercoat (thermoregulator) sedangkan bagian atas berfungsi seperti guard hair (menumpahkan air). Karena bentuknya yang kecil, bulu ini tidak bisa berdiri seperti guard hair.

Whisker: disebut vibrissae atau whisker merupakan sekelompok rambut kaku yang terletak di moncong kucing (dekat bibir dan hidung), diatas mata serta di bagian belakang kaki depan. Berbeda dengan rambut (bulu) kucing di bagian tubuh yang lain, di dalam rambut  yang kaku ini penuh tertanam saraf saraf kecil yang befungsi layaknya sensor sentuh. Whisker dapat disetarakan dengan GPS atau radar pelacak bagi seekor kucing.Saraf pada whisker sangatlah sensitif terhadap pergerakan udara di sekelilingnya, dengan merasakan perubahan pada arus udara – kucing bisa mendeteksi keberadaan benda benda disekelilingnya sehingga kucing dapat berjalan di dalam kegelapan.  Demikian juga kucing yang buta masih dapat berjalan dengan mudah didalam sebuah ruangan. Pada keadaan ini kucing menggunakan whisker seperti layaknya kita menggunakan telapak tangan untuk meraba raba dalam kegelapan

Perkecualian terdapat pada beberapa ras kucing seperti  kucing Rex (baik Cornish Rex maupun Devon Rex)serta sphinx.Kucing Cornish rex tidak mempunyai guardhair sama sekali sedangkan Devon Rex mempunyai guardhair yang tidak merata serta sedikit whisker.Kedua kucing tersebut mempunyai rambut yang keriting sedangkan kucing sphinx mempunyai rambut yang sangat sedikit dan bahkan nampak hampir seperti tidak memiliki rambut.

Pada keadaan tertentu (misalnya ketika kucing berhadapan dengan musuh yang lebih kuat),rambut kucing dapat berdiri semuanya karena mempunyai otot yang dapat bereaksi,aksi ini disebut piloerection dan dengan rambut yang berdiri maka kucing akan nampak lebih besar dari yang sesungguhnya.

Rambut semua jenis kucing secara normal rontok sepanjang tahun (tidak mengenal musim) dan kucing yang tinggal diluar rumah (outdoor) cenderung untuk rontok lebih banyak  pada siang hari. Baik kucing yang tinggal di dalam maupun diluar rumah stress akan menyebabkan rambut lebih banyak rontok. Pada kucing yang berambut panjang (misalnya kucing persia),sangatlah penting melakukan grooming secara berkala karena apabila dibiarkan rambut yang rontok akan menjadi menggumpal dan tidak mau jatuh.

Kulit kucing mempunyai peranan yang penting yang tidak hanya melindungi kucing dari hilangnya cairan tubuh akan tetapi juga berfungsi sebagai penahan infeksi.Walaupun kucing tidak mengeluarkan keringat melalui kulitnya akan tetapi kulit membantu mengatur suhu tubuh melalui pengaturan pembuluh darahnya dimana pembuluh darah pada kulit akan membesar untuk mendinginkan tubuh ketika cuaca panas dan menyempit ketika cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Selain mengatur suhu,fungsi kulit yang penting adalah sebagai organ perasa dimana kulit mempunyai saraf yang berhubungan dengan otak untuk memberikan informasi hal hal seperti: panas, dingin, dan rasa sakit.

Kucing yang sehat memiliki rambut yang nampak mengkilat dengan kulit yang bersih dari luka, lebam, koreng serta tidak nampak bersisik. Adalah normal apabila menjumpai kucing yang sejak terlahir dengan kulit yang nampak mempunyai noda warna hitam atau coklat namun apabila noda hitam tersebut tiba tiba (setelah kucinglahir) muncul maka sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan.

catatan:
photo by Lisa via flickr.com - CC BY NC 2.0 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Rambut dan Kulit, Salah Satu Indikator Kesehatan Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini