Pertemanan Dalam Dunia Kucing

Keluarga kami memiliki tujuh ekor kucing dirumah dan salah satunya adalah seekor kucing jantan berekor panjang yang kami beri nama siwo.Terhadap kucing kucing lainnya, siwo ini tidak pernah bersikap agresif dan bahkan kadang kadang siwo ini juga  bermain main dengan kucing lainnya seperti saling kejar kejaran atau bergumulan.Walaupun demikian pada saat diberi pakan kucing siwo ini tidak pernah mau berdesakan bersama keenam kucing lainnya dan lebih memilih berdiam diri menonton dari kejauhan sampai saat mangkuk nya diisi pakan dan itupun harus diletakkan pada tempat yang berjauhan dari mangkuk tempat pakan keenam kucing lainnya.

Saling menjilat dan saling mengendus merupakan salah satu indikator kedekatan hubungan antar kucing
Saling menjilat dan saling mengendus merupakan salah satu indikator kedekatan hubungan antar kucing

Barangkali mereka yang memiliki beberapa kucing dalam satu rumah juga pernah melihat atau mengalami keadaan serupa dimana beberapa kucing yang tinggal serumah  tidak nampak bermusuhan (tidak pernah berkelahi) namun ketika saat makan bersama sama mereka tidak mau saling berdekatan dan bahkan tidak mau makan ketika dipaksakan berdekatan. Untuk memahami perilaku kucing seperti ini kita harus kembali ingat watak biologis kucing sebagai karnivora yang hidup soliter (tidak berkelompok)

Sebagai pemburu yang soliter,seekor kucing tidak tergantung pada kucing lain untuk mendapatkan makanan sehingga tidak diperlukan adanya hierarki dalam kelompok, demikian juga sifat agresif dan sifat tunduk juga tidak menonjol dalam sistem sosial kucing. Kucing memiliki sifat penguasaan teritorial (kewilayahan) dan melakukan penandaan batas wilayah dengan beberapa cara seperti menandai dengan bau atau juga dengan cakaran pada tempat yang dianggap sebagai batas wilayah. Pertengkaran mungkin terjadi apabila ada penyusup dari kelompok lain masuk, namun apabila terdapat makanan yang cukup dalam wilayah tersebut seringkali kucing dari kelompok lain juga dibiarkan masuk. Hubungan antar kelompok kucing tersebut sebatas bersosialisasi dan apabila beberapa kucing makan bersama hal itu lebih bersifat sebagai sikap toleransi ketimbang sikap bekerjasama.

Jarang sekali kucing mau duduk berdekatan atau bergaul dengan kucing lain kecuali dengan yang dianggap satu kelompok yang sama. Dalam satu rumah yang memiliki lebih dari satu kucing,hubungan antar kucing bersifat dinamis naik dan turun (dalam beberapa kesempatan mereka terlihat sangat akrab, namun pada kesempatan lain mereka nampak tidak mau berdekatan).Tingkat kedekatan antar kucing bisa dilihat dari seberapa sering mereka saling bergumul dan saling mengendus.Yawning (menguap) dan saling mengedipkan mata juga merupakan satu indikator seberapa dekat hubungan antar kucing.

Karena merasa tidak berada dalam kelompok sosial yang sama ,bisa terjadi beberapa kucing yang tinggal dalam satu rumah yang sama saling menjaga jarak dan walaupun mereka tidak bermusuhan (tidak berkelahi) namun juga tidak saling berdekatan misalnya tidak pernah (jarang) saling mengendus dan bergumul atau tidak mau makan di tempat yang berdekatan.

 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Pertemanan Dalam Dunia Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini