Kenapa kucing Makan Rumput?

Pada dasarnya kucing adalah karnivora atau pemakan daging sejati dimana tubuhnya di desain hanya untuk mengkonsumsi daging. Namun seringkali kita menemui kucing menggigit gigit atau mengunyah beberapa lembar rumput (atau tanaman kecil kecil di sekitar rumah) dan kemudian segera membuangnya kembali. Sekilas perilaku ini nampak aneh dimana kucing makan sesuatu yang dapat menyebabkan menjadi sakit.

kucing makan rumput
ilustrasi kucing mengunyah rumput

Ada beberapa teori yang mungkin bisa menjelaskan bahwa perilaku ini sangatlah penting bagi kucing.

  1. Di alam bebas ketika kucing memakan binatang buruannya, kucing akan memakan seluruh bagian dari tubuh mangsanya tersebut termasuk rambut dan tulangnya. Karena rambut dan tulang tersebut bukanlah material yang bisa dicerna oleh kucing oleh karenanya harus dikeluarkan kembali. Memakan rumput akan memicu terjadinya proses yang disebut regurgitasi ( memuntahkan kembali isi perut). Proses ini merupakan cara alami kucing untuk membersihkan isi perut nya dari material yang tidak bisa dicerna.
  2. Ketika kucing memakan binatang buruannya , biasanya bagian tubuh yang dimakan terlebih dahulu adalah usus ( termasuk isinya). Pada makanan yang masih terdapat di dalam isi usus dari binatang buruan tersebut terdapat beberapa senyawa yang diperlukan kucing untuk membantu proses metabolisme. Kucing peliharaan yang mendapatkan makanan dari pemiliknya tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan isi perut binatang mangsanya dan oleh karenanya kemudian mensiasati nya dengan mengunyah beberapa lembar rumput atau tanaman kecil lainnya. Kandungan asam folat pada rumput diperlukan kucing untuk pembentukan hemoglobin dan juga vitamin untuk membantu proses metabolisme pada kucing.
  3. Ketika kucing menjilat jilat bulunya ( grooming), maka besar kemungkinan sebagian bulu yang dijilati tersebut akan tertelan dan masuk ke dalam lambung si kucing. Apabila jumlah bulu yang tertelan sudah sangat banyak terbentuklah bola bola rambut (hairball) yang jika ukurannya terlalu besar akan sulit dikeluarkan melalui tinja dengan mekanisme normal. Dalam keadaan seperti ini rumput berfungsi sebagai laksatif alami untuk memecah hairball tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil agar bisa dikeluarkan dalam tinja.

Dari beberapa hal tersebut diatas, bisa dikatakan bahwa menguyah rumput atau tumbuhan kecil lainnya adalah hal yang normal normal bagi kucing dan tidak perlu dikhawatirkan ( bahkan aktivitas ini diperlukan oleh kucing).  Namun perlu diperhatikan apabila anda suka berkebun dan juga memelihara kucing dirumah, sedapat mungkin menghindarkan menggunakan insektisida atau bahan kimia yang lain untuk tanaman tanaman yang mungkin disukai kucing untuk dikunyah.

catatan:
photo by 2-Dog-Farm via flickr.com/ CC BY NC ND 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kenapa kucing Makan Rumput?

Silahkan tinggalkan komentar disini