Yang Harus Dilakukan Ketika Kucing Tidak Mau Makan

Hilangnya nafsu makan merupakan gejala umum yang sering membuat pemilik kucing merasa khawatir, walaupun tidak selalu berakibat buruk namun haruslah dipandang sebagai indikasi adanya ketidaknormalan dalam tubuh kucing dan layak mendapat perhatian. Seekor kucing yang tidak mau makan akan menggunakan cadangan lemaknya untuk mendapatkan energi, penggunaan lemak ini membutuhkan protein dan melibatkan liver (hati). Apabila berlangsung dalam waktu lama mungkin akan menyebabkan gangguan hati.

kucing makan
ilustrasi kucing sedang makan,

Pada dasarnya hilangnya nafsu makan pada kucing, bisa disebabkan oleh beberapa hal:

SakitHilangnya nafsu makan bisa jadi merupakan indikator dari adanya infeksi, gangguan pada organ tubuh tertentu ( misalnya ganjal, saluran pencernaan, dll),bisa juga karena persoalan kecil seperti sakit gigi akan menyebabkan kucing kehilangan nafsu makan.

VaksinasiVaksinasi diberikan ke kucing untuk melindungi si kucing dari penyakit yang mematikan, namun karena vaksinasi pada dasarnya memasukkan “agen asing” ke dalam tubuh kucing – maka adalah normal apabila beberapa kucing mengalami sedikit ketidaknyamanan setelah selesai pemberian vaksinasi dan hal ini menyebabkan nafsu makannya berkurang. Keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan karena hanya bersifat sementara.

Tempat AsingSama seperti juga pada manusia, terkadang bepergian (travelling) ke tempat yang baru bisa menyebabkan kucing kehilangan nafsu makan, setelah kucing beradaptasi maka biasanya nafsu makan akan kembali pulih.

Stress dan DepresiApabila dokter hewan menyatakan kondisi kucing sehat sehat saja namun tetap tidak nafsu makan, bisa jadi si kucing mengalami tekanan psikologis tertentu seperti adanya orang baru, kucing atau hewan lain yang baru dalam rumah atau  adanya perubahan pakan yang terlalu cepat.

Pakan BasiPada dasarnya kucing tidak suka makanan yang dingin hal ini merupakan sifat alami pada alam bebas kucing akan segera memakan binatang buruannya yang masih baru dan hangat.

Ukuran tempat pakan yang tidak sesuaiMangkuk pakan yang terlalu kecil dan menyebabkan kumisnya menyentuh tepi mangkuk akan menyebabkan kucing merasa tidak nyaman dan menolak makan dari tempat tersebut. Apabila dirasa tempat pakan terlalu kecil cobalah mengganti

Apapun penyebab kucing tidak mau makan, apakah itu karena sakit atau karena kucing yang rewel – kucing tidak boleh dibiarkan terlalu lama tidak mau makan karen akan mengganggu kesehatannya. Apabila kucing tidak mau makan karena sakit dan sudah ditangani dokter, usahakan mengkuti anjuan dokter untuk penanganannya.

Seperti dijelaskan di atas ada kemungkinan kucing kehilangan nafsu makan bukan karena sakit, pada keadaan ini usahakan merangsang nafsu makannya dengan berbagai cara, misalnya merangsang nafsu nakan dengan pemberian ikan tuna yang baunya mencolok. Apabila menggunakan pakan kucing kalengan,cobalah dipanaskan terlebih dahulu dan diberi tambahan minyak ikan sehingga menimbulakn selera.Apabila kucing tidak mau makan makanan yang ditaruh di piring atau mangkuknya, cobalah meletakkan makanan pada ujung jari dan mendekatkan pada lidahnya untuk dijilati, apabila tidak mau menjilat cobalah mendekatkan hidung kucing dan kemudian pelan pelan ditarik dan diarahkan ke tempat pakannya.

Tidak ada salahnya mengganti menu makan kucing tiga ampai empat kali setahun untuk membiasakan kucing dengan berbagai jenis pakan, mengurangi kemungkinan kucing rewel, mencegah munculnya masalah karena alergi makanan tertentu dan gangguan pencernaan.

catatan:
photo by bobi bobi/ CC BY ND 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Yang Harus Dilakukan Ketika Kucing Tidak Mau Makan

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.