Tahapan Pertumbuhan Anak Kucing Usia 1 – 8 Minggu

Periode dua bulan pertama dalam hidup seekor anak kucing adalah masa yang paling menarik karena perubahan yang cepat dari waktu ke waktu. Sebagaimana saya tulis dalam artikel terdahulu tentang Proses Kelahiran Kucing, bayi kucing yang baru lahir  belum bisa melihat dan mendengar (namun sudah bisa mengeong) serta belum mempunyai gigi, biasanya mempunyai berat badan lebih kurang 90-110 gram dan berat badan ini akan berlipat dua dalam dua minggu pertama sejak kelahirannya.Mengamati perkembangan anak kucing mulai minggu pertama sampai minggu kedelapan sangatlah menarik karena pada periode ini terdapat beberapa tahapan penting dalam perkembangan hidup kucing.

Berikut beberapa tahapan yang bisa kita amati pada periode tersebut:

ilustrasi nduk kucing sedang menyusui anaknya
ilustrasi induk kucing sedang menyusui anaknya

Minggu PertamaAnak kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur,adalah normal anak kucing berkedut kedut  pada saat tidur karena hal ini akan menstimulus sistem syaraf dan ototnya. Tali pusar akan terputus pada usia 2-3 hari, pada kondisi lingkungan yang bersih sangat jarang sekali terjadi infeksi tali pusat. Bayi kucing belum mempunyai sistem pengaturan suhu tubuh yang baik sehingga  tergantung pada induknya untuk mengatur suhu tubuhnya supaya konstan (supaya tidak kedinginan ataupun kepanasan). Adalah normal seekor induk kucing menjilat jilat anus anaknya, hal ini merupakan naluri induk kucing untuk menstimulus reflek buang air besar pada anak kucing.  Artikel tentang Perawatan Bayi Kucing Yang Baru Lahir  mengulas lebih detil tentang anak kucing pada periode minggu pertama ini.

Minggu KeduaBayi kucing mulai merangkak dengan baik pada usia 7 – 14 hari. Mata kucing mulai terbuka pada umur 8 – 11 hari ( walaupun belum bisa melihat dengan jelas). Sedapat mungkin hindarkan membuka paksa kelopak mata karena bayi kucing belum siap menerima rangsang cahaya. Retina mata mulai sempurna umur 5 minggu. Mata kucing pada awalnya berwarna biru akan tetapi kemudian berubah warna seiring dengan waktu. Pada periode minggu kedua ini, indera penciuman kucing mulai berkembang. Jenis kelamin anak kucing mulai bisa dikenali walaupun masih ada kemungkinan keliru. Untuk mengenali jenis kelamin kucing, bisa dibaca di artikel Mengenali Jenis Kelamin Bayi Kucing.

Minggu KetigaAnak kucing mulai bisa berdiri sekitar umur 16 hari dan berjalan normal pada usia 21 hari. Pada akhir minggu ketiga daun telinga mulai terbuka dan mulai bisa mendengar. Gigi susu mulai tumbuh ( terdapat 26 gigi susu yang akan lengkap pada usia 8 minggu),pada usia ini indera penciuman mulai berkembang dan bayi kucing mulai belajar mengendus endus. Pada usia ini sebaiknya anak kucing sudah mulai diberi obat cacing.

Minggu KeempatBayi kucing mulai nampak aktif bermain main dengan saudaranya dan mulai belajar meninggalkan “sarang”nya. Biasanya pada saat ini induk kucing mulai meninggalkan anaknya untuk jangka waktu yang pendek. Kemampuan penglihatan dan pendengaran anak kucing terus meningkat. Walaupun pada saat ini anak kucing sudah mulai bisa menjilati bulunya sendiri, namun sang induk biasanya masih menjilati anaknya.

Minggu KelimaPada usia ini penglihatan sudah penuh berkembang, induk sudah mulai menyapih anaknya sehingga makanan padat sudah bisa mulai diberikan (tidak semua anak kucing merespon sama dan diperlukan kesabaran). Kaki mulai aktif ketika bermain dengan saudaranya dengan gerakan mencakar dan menerkam. Kucing mulai bisa dikenalkan dengan tempat makan dan minum serta kotak pasir toilet.

Minggu Keenam sampai kedelapanPada tahapan ini sebaiknya mulai diajak bersosialisasi dengan cara dipegang ( diusap) tangan, mata, yang pada dasarnya merupakan poin poin dalam pemeriksaan kesehatan. Memberikan mainan kucing akan berguna dalam perkembangan anak kucing. Biasanya dokter hewan memberikan vaksinasi pertama kali pada periode 6-8 minggu. Pemberian vaksinasi ini sangat penting utuk menjaga kesehatan karena untuk penyakit yang disebabkan oleh virus sampai saat ini belum ada obat yang benar benar efektif dan terjangkau, jadi tetap lebih baik mencegah daripada mengobati.

Apakah anda mempunyai pengalaman menarik dalam perawatan bayi kucing?, bagikan pengalaman anda dengan meninggalkan komentar disini.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Tahapan Pertumbuhan Anak Kucing Usia 1 – 8 Minggu

60 pemikiran pada “Tahapan Pertumbuhan Anak Kucing Usia 1 – 8 Minggu

  1. Aris Baskoro berkata:

    Hai Jihan,

    Seharusnya anak kucing sudah terbuka kelopak matanya pada usia 10-11 hari. Namun adakalanya terlambat karena adanya kotoran yang menyebabkan lengket. Jika ini yang terjadi pada kucingnya Jihan, maka bisa dibantu dengan menempelkan (menutul nutulkan) kasa steril yang dilembabkan dengan air hangat, lakukan pelan pelan 2-3 kali sehari. Tujuannya adalah melunakkan kotorang yang menempel.

    Adapun mata yang putih, saya kurang paham jika tidak melihat langsung, namun mungkin itu selaput pelindung mata yang belum terbuka sempurna.

    Jika memang memungkinkan, membawa ke dokter hewan atau RS sangat saya sarankan.

    Semoga membantu

  2. Jihan berkata:

    Dok kucing saya sejak umur 3 minggu matanya tidak bisa terbuka, baru terbuka pada umur 4 minggu… Tapi hanya sebelah saja dan matanya putih.. Itu kenapa ya dok? Haruskah dibawa ke RS?

  3. Aris Baskoro berkata:

    Halo Annisa,

    Maaf baru balas pertanyaan Annisa karena tidak tahu kenapa komen Annisa masuk ke spam.

    Tidak apa apa dimandikan,kalau terpaksa anaknya lupa “bau” induknya -didekatkan saja ke dekat puting induknya.

  4. Annisa berkata:

    Dok.. Kucing ku lahiran 4 minggu lalu. Babynya sekitar umur 4 mingguan deh udh bisa jalan. Kira” aku udh boleh mandiin induknya kapan yah? Minggu ke 5 atau ke 6. Cz babynya msih nyusu klo aku mandiin takut doa gk mau nyusu sma induknya.

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.