Toilet Kucing Yang Efektif

Kotak pasir adalah perlengkapan yang umum dipakai sebagai “toilet kucing”, namun ada kalanya kucing tetap buang air diluar toilet yang sudah disediakan tersebut. Berikut hal hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan kucing bisa dan mau dengan sukarela menggunakan toilet yang disediakan dengan benar

toilet kucing
ilustrasi kucing mengunakan toilet dengan benar

A. Tip umum

1.Disarankan untuk menyediakan satu kotak pasir untuk setiap ekor kucing

2.Bersihkan kotak pasir setiap hari (seperti manusia, kucing juga tidak suka toilet yang kotor).

3.Secara berkala kosongkan dan cuci kotak pasir dengan sabun sampai bersih.

4.Isilah kotak dengan pasir yang cukup (jangan terlalu tebal atau terlalu tipis), apabila ketebalan pasir tidak mencukupi maka kucing akan malas/enggan untuk menggunakannya. Ketebalan yang cukup juga akan mencegah kotoran atau kecing kucing melekat pada dasar kotak.

5.Sebaiknya kotak pasir dibiarkan terbuka, kotak pasir yang tertutup akan menyebabkan kucing merasa terkungkung.

 B. Letak dan lokasi

1.Letakkan kotak pasir berjauhan dengan tempat pakan atau tempat minum kucing

2.Letakkan pada tempat yang nyaman dan mudah dijangkau kucing.

3.Letakkan pada tempat yang tenang dan tidak berisik (misalnya tidak diletakkan di dekat mesin cuci yang bersisik).

4.Hindarkan memindahkan kotak pasir secara mendadak, apabila hendak memindahkan kotak pasir maka lakukanlah secara bertahap.

5.Khusus untuk kucing yang tua atau sakit, kotak pasir bisa diletakkan ditempat kucing biasa makan.

 C. Rumah dengan kucing lebih dari satu

Secara alami beberapa kucing yang tinggal dalam satu rumah mempunyai perbedaan strata sosial dimana terdapat kucing dengan strata sosial lebih tinggi atau lebih rendah dari kucing yang lain. Pada keadaan seperti ini, letakkan kotak pasir pada lokasi yang berbeda sehingga kucing dari strata social yang lebih rendah tidak harus memasuki areal dari kucing yang mempunyai strata social lebih tinggi.

Ada kemungkinan masing masing kucing mempunyai kesukaan yang berbeda pada jenis pasir yang dipakai. Cobalah beberapa jenis pasir apabila dirasa diperlukan.

 D. Solusi untuk kucing yang kesiltian menggunakan toilet dengan benar.

1.Apabila kucing mempunyai kesulitan dengan penggunaan toilet secara benar, maka berilah hadiah pada saat dia menggunakan toilet dengan benar.

2.Hindarkan menumpuk cucian selimut atau sprei kotor karena bisa menarik kucing untuk menggunakannya sebagai toilet. Kucing pendatang baru di sebuah rumah, mungkin akan gugup dan lupa letak tolietnya.

3.Tanah pada pot tanaman hias juga bisa menarik perhatian kucing untuk menjadikannya sebagai toilet, tutuplah tanah pada pot atau pindahkan pot tersebut tersebut apabila dipakai kucing sebagai toilet.

4.Adanya tamu asing atau adanya perbuhan mendadak bisa menyebabkan kucing buang air tidak pada tempatnya.

5.Kehadiran hewan lain di rumah ( bahkan apabila kucing melihat kucing lain melalui cendela) bisa memicu kucing untuk menandai tempatnya dengan buang air (territorial marking).

6.Adanya marking (bau) kucing lain pada furniture bisa merangsang kucing pendatang baru untuk menandainya dengan buang air di tempat tersebut.

7.Gangguan pada saluran kencing juga bisa menyebabkan kucing buang air tidak pada tempatnya.

catatan:
photo by Burgundi-red/ CC-BY-ND 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Toilet Kucing Yang Efektif

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.