Mengenalkan Kucing Baru Pada Kucing Lama

Dikarenakan pembawaan alami dari kucing, maka memasukkan kucing baru ke rumah yang sudah ada kucingnya biasanya tidak mudah dan seringkali membuat stress, baik pada kucing yang sudah ada maupun pada kucing yang baru datang. Karena itu mengenalkan kucing baru seyogyanya dilakukan secara berhati hati dan bertahap. Walaupun pada dasarnya kucing suka bersosialisasi dengan kucing yang lain, akan tetapi hubungan yang baik diantara para kucing hanya terjadi pada kucing kucing yang merasa dalam satu “kelompok social” yang sama, sedangkan kucing yang “dianggap” berasal dari “kelompok sosial” yang lain akan dianggap sebagai ancaman. Hal ini dikarenakan nenek moyang kucing rumahan yang ada sekarang ini, merupakan hasil evolusi selama jutaan tahun dari binatang territorial (menguasai wilayah tertentu) dan juga solitair (bukan berkelompok ) yang harus mempertahankan wilayahnya dari kucing lain supaya persediaan hewan buruannya mencukupi.

2 kucing
ilustrasi kucing yang sedang bertengkar

Kucing mempunyai kecenderungan untuk akrab dengan kucing lain yang tumbuh bersama sama atau dengan kucing lain yang sudah dikenalnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga apabila ada kucing baru dikenalkan ke rumah yang sudah memiliki kucing sebelumnya maka kucing lama akan menjadi tertekan dan stress yang diekspresikan dengan sifat agresif terhadap kucing pendatang, bersembunyi dan menghindar dari kucing pendatang, kencing sembarangan atau menjilat jilat bulunya sendiri (grooming) secara berlebihan.

Prinsip dari pengenalan kucing pendatang ke tempat yang sudah ada kucingnya adalah pelan dan bertahap. Kucing pendatang pertama tama harus ditempatkan dalam ruang terpisah dengan ruangan yang biasa ditempati kucing lama. Tempat ini juga harus memiliki perlengkapan dasar seperti kotak pasir (toilet kucing), tempat pakan dan minum, mainan kucing, tempat mencakar (scratching post).Kucing pendatang harus dibuat rileks di tempat ini sebelum mulai dikenalkan pada kucing lama.

Karena kucing banak menggunakan bau untuk berkomunikasi maka proses perkenalan kucing bisa dimulai dari bertukar bau. Pertukaran bau ini bisa dilakukan dengan bertukar tempat pakan, mainan, dan tempat tidur. Ketika kucing sudah bisa menerima bau dari kucing lain – maka proses selanjutnya bisa dilakukakn dengan mulai mempertemukan kucing kucing tersebut. Diharapkan ketika sudah saling mengenal bau, maka kehadiran kucing baru disambut secara positif.

Tergantung dari usia, karakter dan pengalaman terdahulu dari kucing, prose’s perekenalan ini bisa berlangsung dari beberapa minggu sampai beberapa bulan.

catatan:
photo by Jose Luis Ruiz/ CC BY-NC-SA 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mengenalkan Kucing Baru Pada Kucing Lama

Satu pemikiran pada “Mengenalkan Kucing Baru Pada Kucing Lama

Silahkan tinggalkan komentar disini