Mengenali Jenis Kelamin Bayi Kucing

Terlahir dalam keadaan tidak bisa melihat dan mendengar, bayi kucing hanya mengandalkan indra penciuman untuk menyusu pada induknya. Bayi kucing menyusu setiap 2 jam sekali, waktu selebihnya digunakan untuk tidur. Apabila bayi kucing cukup mendapat asupan nutrisi dari induknya maka makanan tambahan tidak diperlukan . Pada awal awal usianya usahakan meminimalkan memegang bayi kucing secara langsung, kecuali pada saat diperlukan saja-misalnya ketika membersihkan kotoran dari tempatnya.

buta
ilustrasi anak kucing umur satu hari dengan mata yang masih tertutup

Untuk melihat jenis kelamin anak kucing waktu yang paling mudah untuk melihat jenis kelamin adalah pada awal kelahiran. Kucing jantan mempunyai lobang kecil dibawah anus, sehingga ketika kita mengangkat ekornya akan terlihat dua titik lubang: yang atas adalah lubang anus sedangkan yang bawah adalah lobang kelamin. Ketika kucing jantan menanjak dewasa akan semakin terlihat adanya tonjolan alat kelaminnya, dua kantung scrotum (buah zakar) juga akan terlihat semakin membesar.

Pada kucing betina, dibawah anus akan terlihat adanya garis belahan kecil, ini adalah belahan vulva (bibir alat kelamin betina). Semakin dewasa kucing betina maka belahan ini akan nampak semakin jelas.

jantan
ilustrasi anak kucing berkelamin jantan, ditandai dengan adanya kantung scrotum
betina
ilustrasi anak kucing berkelamin betina, ditandai adanya celah seperti garis dibawah anus

Usia dua sampai tiga minggu: Pada minggu kedua ( usia sekitar 8-11 hari ) kelopak mata kucing mulai terbuka, biasanya mulai satu mata yang terbuka. Apabila terjadi salah satu mata kucing lambat terbuka bisa dimungkinkan karena adanya kotoran pada kelopak matanya. Kotoran ini bisa dihilangkan dengan cara menempelkan (memijit mijitkan) kasa yang sudah dibasahi dengan air hangat secara teratur dua kali sehari, walaupun tidak langsung membuat mata kucing terbuka akan tetapi tindakan ini akan membantu kotoran melunak dan kelopak mata bisa terbuka. Pada usia ini juga kucing mulai bisa mendengar dan belajar berjalan walaupun masih nampak kikuk. Usahakan mulai memegang anak kucing dengan lembut untuk membiasakan bersosialisasi dengan manusia. Induk kucing biasanya mulai membolehkan anaknya dipegang pada usia ini. Disarankan untuk mulai memberikan obat cacing pada usia 3 minggu.

Usia tiga sampai empat minggu: Anak kucing mulai banyak bergerak, untuk mencegah anak kucing jatuh atau masuk ke area yang berbahaya-pasanglah pembatas. Pasa usia ini anak kucing sudah bisa mulai buang air sendiri – letakkan litter box (kotak kotoran) yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa dipakai mulai belajar.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mengenali Jenis Kelamin Bayi Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini