Kucing Polydactili – Kucing Yang Kelebihan Jari

Kucing normal mempunyai 18 buah jari, lima jari pada masing masing kaki depan dan empat jari pada masing masing kaki belakang. Akan tetapi kucing polydactyli mempunyai jari lebih dari 18. Tiger, seekor kucing polydactyli dari Kanada dengan 27 buah jari tercatat sebagai kucing dengan jumlah jari terbanyak oleh guiness book of record. Kebanyakan kucing polydactili mempunyai jari lebih pada kaki depannya, walaupun ada juga yang pada kaki belakangnya juga mempunyai jari lebih.

kucing hemmingway
ilustrasi: salah satu kucing polydactili di Earnest Hemmingway Home and Museum

Polydactili berasal dari bahasa Latin, dimana poly berarti banyak dan daktylos berarti jari. Penulis Amerika yang juga pemenang hadiah nobel kesusteraan- Earnest Hemmingway merupakan salah satu penyuka kucing polydactili yang terkenal, dia medapatkan seekor kucing polydactili yang berjari enam pertamanya ( diberi nama snowball) dari seorang kapten kapal. Pada saat ini di The Earnest Hemmingway Home and Museum di Key West – Florida –USA masih terdapat 50 ekor kucing polydactili yang merupakan keturunan dari snowball. Beberapa dari kucing ini mempunyai jari berjumlah normal terapi mereka mempunyai DNA polydactili sehingga bisa memiliki keturunan polydactili.

Kucing polydactili seringkali disebut dengan berbagai nama seperti: kucing Hemingway (Hemingway cats), kucing bersarung tangan (mitten cats), kucing berkaki besar (big foot cats), kucing berjari enam (six toed cats ) dan bahkan dipanggil kucing berjempol (cats with thumbs). Berikut beberapa fakta menarik tentang kucing polydactili:

  • Temuan ilmiah pertama tentang kucing polydactili berasal dari tahun 1868. Kebanyakan berasal dari timur laut Amerika Serikat dan Nova Scotia (sebuah provinsi di pesisir timur Kanada). Diduga kucing kucing ini dibawa oleh imigran dari Inggris pada tahun 1600 an.
  • President Theodore Roosevelt yang mempinpin Amerika pada tahun 1901 – 1909 mempunyai kucing polydactili (diberi nama Slippers) yang dipelihara di dalam gedung putih.
  • Para pelaut sangat menyukai kucing polydactili karena dianggap pembawa keberuntungan. Kucing polydactili dianggap sebagai pemburu tikus yang handal dan kelebihan jarinya dianggap membantu keseimbangan kapal.

Pada dasarnya kejadian kucing yang berjari lebih ini tidaklah spesifik pada ras tertentu (bisa muncul pada semua ras kucing). Apabila seekor kucing yang berjari normal kawin dengan kucing yang berjari polydactili, maka kemungkianan keturunannya polydactili adalah 40-50%. Kucing asli ras Maine Coon dianggap mempunyai kemungkinan lahir polydactili lebih besar dari ras lainnya.

catatan:

photo by Krissa Corbett Cavouras/ CC BY-NC-ND 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Polydactili – Kucing Yang Kelebihan Jari

Silahkan tinggalkan komentar disini