Mengenal Kebuntingan Kucing

Apabila perkawinan berhasil, maka kucing betina akan menjadi bunting, periode kebuntingan pada kucing berkisar antara 62 – 70 hari (dengan rata rata 66 hari). Anak kucing yang lahir prematur ( sebelum usia kebuntingan mencapai 60 hari) akan lemah dan mempunyai kemungkinan hidupnya lebih kecil. Tanda tanda kucing bunting yang pertama kali terlihat biasanya adalah puting susunya menjadi berwarna merah muda (pink) dan mengeras, hal ini biasanya terjadi 3 minggu setelah kucing kawin.

Tanda tanda kebuntingan pada kucing biasanya tidak terlihat sampai tiga minggu, pada saat ini perut kucing mulai terlihat membesar dan membulat. Pada usia kebuntingan empat sampai sepuluh minggu – gerak gerik kucing akan menunjukkan adanya kebuntingan. Pada saat ini belum ada perangkat (semacam test kit pada manusia) untuk menguji kebuntingan kucing secara cepat belum ada.

20150301_5DM2_0576
Ilustrasi kucing yang sedang bunting

Pada saat bunting, kucing membutuhkan nutrisi lebih dari biasanya-pada pakan kucing komersial yang ada di pasaran biasanya sudah diformulasikan secara khusus dengan kadar protein yang lebih tinggi dan diberi label untuk kucing yang sedang bunting.

Karena adanya perbahan hormonal dan pembesaran rahim, maka induk kucing yang bunting juga mengalami mual mual (seperti manusia). Biasanya kucing kehilangan nafsu makan dan berkali kali muntah. Biasanya ini terjadi pada minggu keempat usia kebuntingan dan hanya berlangsung beberapa hari saja. Selama masa kebuntingan, pemberian vaksin atau pengobatan lain (termasuk obat cacing dan obat kutu) sebaiknya dihindarkan karena bisa meracuni janin.

Pada akhir masa kebuntingan kucing akan mulai mencari tempat untuk melahirkan. Tempat melahirkan bisa kita buat sendiri menggunakan kardus bekas yang kuat diberi alas potongan kertas koran setebal beberapa centimeter serta diatasnya dilapisi kain yang bisa dicuci. Sisi kardus dilubangi sehingga induk kucing bisa bebas keluar masuk, adanya atap dan dinding membuat kucing akan merasa hangat didalamnya. Letakkan pada tempat yang bersih dan tenang. Menjelang akhir kebuntingan, kucing harus sering sering diamati – apabila menemukan tanda tanda yang tidak normal, segera hubungi dokter hewan terdekat.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mengenal Kebuntingan Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.