Dewasa Kelamin Pada Kucing

Kucing betina yang tidak dimandulkan akan mulai menunjukkan gejala gejala dewasa kelamin (pada manusia disebut akil baliq) dan siap untuk bereproduksi pada usia 5 – 10 bulan namun terkadang ada kucing betina yang sudah mencapai dewasa kelamin pada usia 4 bulan, demikian juga beberapa ras kucing ada yang mencapai usia dewasa kelamin setelah 5 tahun (contoh: kucing ras Siberia yang berasal dari rusia). Kucing jantan mencapai dewasa kelamin sedikit lebih lambat dibandingkan kucing betina tapi kebanyakan kucing betina dan jantan akan sudah mencapai usia dewasa kelamin sebelum berusia satu tahun.

Kucing jantan yang diperbolehkan keluar rumah akan berkeliaran sampai beberapa hari dan bahkan berkelahi (dengan suara berisik yang sangat mengganggu) dengan kucing jantan lain untuk mendapatkan kucing betina. Apabila dipelihara dalam rumah, kucing jantan ini akan terus menerus mengeong dan menebarkan kencing yang berbau menyengat di dalam rumah. Adapun kucing betina yang dibiarkan keluyuran diluar rumah besar kemungkinan akan menjadi hamil, seperti juga kucing jantan – betina yang dipelihara di dalam rumah akan terus menerus mengeong dan minta dikeluarkan dari rumah supaya bisa bertemu dengan kucing jantan.

5DM2_2014_01_12_0534
ilustrasi kucing jantan dan betina

Siklus birahi kucing betina biasanya terjadi setiap bulan (selama 4-7 hari) dan tidak menunjukkan gejala gejala yang mencolok, akan tetapi jika diamati lebih teliti – biasanya akan menunjukkan gejala gejala sbb:

  • Menjadi lebih manja
  • Lebih sering berguling guling dan menjilat jilat bulunya (grooming)
  • Menggosok gosokkan badannya ke lantai
  • Menyebarkan kencing di mana mana
  • Nampak gelisah dan ingin keluar rumah
  • Mengeluarkan suara nyaring yang menciri (untuk memanggil kucing jantan)

Kucing jantan bisa mendeteksi adanya kucing betina walaupun jaraknya jauh dari suara dan baunya. Apabila kucing jantan ini bertemu dengan kucing betina maka terjadilah perkawinan. Seekor kucing betina mungkin saja kawin dengan lebih satu pejantan pada satu siklus birahi sehingga bisa melahirkan beberapa anak dari ayah yang berbeda.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Dewasa Kelamin Pada Kucing

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.