Nesting (Bersarang) Pada Kucing Menjelang Melahirkan

Beberapa mamalia (termasuk manusia dan kucing) biasanya menunjukkan gejala bersarang (nesting) beberapa hari menjelang melahirkan. Pada akhir masa kehamilannya kucing secara naluriah akan mulai bersarang dan berusaha mencari tempat yang gelap, tenang dan nyaman untuk melahirkan dan membesarkan anak anaknya.

Nesting biasanya terjadi dua minggu sampai beberapa jam menjelang melahirkan (berbeda pada setiap individu kucing). Induk kucing yang hamil (biasa disebut queen) akan mencari tempat yang gelap dan tersembunyi seperti dibelakang lemari, dibawah meja atau dibalik sofa. Di alam bebas, melahirkan dan membesarkan anak anak sangatlah rentan terhadap serangan predator – sehingga induk kucing akan berusaha mencari tempat yang tersembunyi dan aman. Sifat atau naluri ini terbawa oleh kucing rumahan yang ada sekarang ini.

nesting
ilustrasi kucing yang baru melahirkan

Biasanya tempat tempat yang dipilih oleh kucing bukanlah tempat yang memadai menurut ukuran pemiliknya, karena itu disarankan pemilik menyediakan alternatif yang lebih bagus – misalnya kotak kardus yang diisi kertas koran bekas dan dilapisi dengan kain handuk atau kain yang bisa dibersihkan dan dicuci. Letakkan kotak tersebut pada tempat yang bersih dan hangat, apabila induk kucing menunjukkan gejala ingin memilih lokasi sendiri, ikuti saja dan letakkan kotak kardus tersebut pada lokasi yang diinginkan induk. Letakkan tempat pakan dan kotak pasir didekatnya.

Beberapa saat menjelang melahirkan suhu tubuh induk kucing akan turun, kucing biasanya akan bersikap manja dan lengket pada pemilikinya, nafsu makannya berkurang dan sering terlihat keluar masuk kotak nesting nya. Puting susunya terlihat membesar dan mungkin mulai meneteskan air susu.

Induk kucing menjelang melahirkan seharusnya dijauhkan dari binatang pelaiharaan yang lain, selain untuk menjaga kebersihan juga untuk menghidarkan pertengkaran dikarenakan induk kucing menjadi sangat sensitif menjelang melahirkan.

catatan:

photo by Tigrah/ CC BY-NC-SA 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Nesting (Bersarang) Pada Kucing Menjelang Melahirkan

Silahkan tinggalkan komentar disini