Yang Harus Dilakukan Pada Kucing Yang Suka Menggigit

Pada saat saat tertentu, adakalanya seekor kucing tiba tiba mengigit tangan atau kaki kita, biasanya gigitan ini cukup terasa sakit namun tidak sampai melukai. Tingkah laku menggigit ini pada dasarnya adalah hal yang wajar dan biasanya terjadi karena kucing tersebut sedang mengajak bermain main atau merupakan sikap agresif yang muncul karena kenyamannya terganggu.

Apapun yang menjadi penyebab kucing menggigit, baik karena bermain main atau karena sikap agresif ,haruslah dibatasi sehingga tidak sampai membahayakan. Pada saat kucing menggigit, alihkan perhatiannya dengan memberikan mainan seperti boneka kecil atau mainan lain yang berbentuk kecil, lunak dan bisa dimainkan kucing.

3039268135_73b5c24e06_z
ilustrasi: kucing menggigit tangan

Pada saat kucing tiba tiba menggigit, sedapat mungkin hindarkan memukul atau menghardik kucing tersebut karena hal ini akan membuat dia semakin merasa tertantang untuk terus berusaha menggigit. Berusahalah tenang seolah tidak terjadi apa apa dan mulailah mengalihkan perhatian sikucing pada mainan. Bersikap tenang dan memberi pujian pada saat kucing tidak menggigit akan sangat mendorong menghilangkan kebiasaan ini.

Walaupun pada beberapa orang hal ini kelihatan menakutkan, tapi bisa dicoba pada saat kucing menggigit diamkan dan ditarik atau jangan digerakkan- biarkan kucing menggigit tangan atau kaki kita. Karena pada dasarnya kucing menyukai obyek bergerak maka apabila kita diam, kucing akan merasa bosan dan segera berusaha melepaskan gigitannya. Sebaliknya ketika kita berusaha menarik tangan kita – maka kucing akan makin agresif dan terus bersuha menggigit, hal ini merupakan naluri berburu dari kucing dimana kucing suka pada objek yang bergerak.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah , setelah bermain main dengan kucing basuhlah tangan dengan sabun sampai bersih dan apabila sampai terluka berikan larutan antiseptik sesegera mungkin.

catatan:
photo by Ari Braginsky/ CC BY-NC-SA 2.0

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Yang Harus Dilakukan Pada Kucing Yang Suka Menggigit

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.