Gangguan Pendengaran Pada Kucing Lanjut Usia

Pada usia 7 – 11 tahun, beberapa kucing mulai menunjukkan gejala awal penuaan seperti gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran. Gejala ini bisa diakibatkan oleh gangguan kesehatan karena penyakit yang tidak nampak (seperti diabetis atau gangguan ginjal) namun bisa juga semata mata hanya merupakan akibat usia lanjut. Penanganan yang tepat terhadap gejala ini akan meningkatkan kualitas hidup kucing.

Kehilangan pendengaran merupakan gejala yang sangat umum terjadi pada kucing lanjut usia dan seiring dengan pertambahan usia kucing akan mengalami tuli total. Kehilangan pendengaran ini terjadi secara bertahap dan biasanya baru terdeteksi pada stadium awal dari tuli total, hal ini disebabkan karena indra penglihatan dan penciuman kucing masih bisa berfungsi dan menutupi akibat dari tuli total tersebut. Kehilangan pendengaran juga bisa terjadi akbibat kelainan genetika (misalnya pada kucing berambut putih bermata biru), namun pada kelainan genetika – kehilangan pendengaran terjadi sejak usia muda.

Bell Collar
Pemasangan kalung dengan bel bisa membantu kucing yang kehilangan pendengaran

Gangguan pendengaran juga bisa diakibatkan infeksi , sumbatan kotoran atau bulu pada telinga . Apabila kucing terlihat mulai megalami gangguan pendengaran maka hal perlu dilakukan adalah bawa kucing tersebut ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa.

Cara sederhana untuk memeriksa apakah kucing mengalami gangguan pendengaran adalah dengan memanggilnya dari belakang, bisa dengan memanggil namanya atau dengan suara desis. Hindarkan memanggil dengan tepukan tangan atau membuat bunyi dengan memukul mukul sebuah benda, hal ini karena kucing selain mendengar juga bisa merasakan getaran.

Kucing yang mengalami gangguan pendengaran masih bisa menjalani hidup dengan baik sepanjang hal hal yang biasa di hadapi tidak berubah secara tiba tiba. Adalah penting untuk melindungi kucing yang mengalami gangguan pendengaran dengan cara memberi tempat khusus atau mengawasinya ketika berada di luar ruang. Apabila tidak terawasi ketika di luar ruang, gangguan dari kucing atau anjing atau binatang lain dan lalu lalang kendaraan bisa menjadi ancaman bagi kehudupan mereka.

Pada dasarnya kucing lanjut usia yang mulai mengalami kehilangan pendengaran masih bisa menjalani hidup yang berkualitas yang normal. Hal hal berikut bisa membantu kucing tersebut:

  1. Gunakan rangsang cahaya sebelum mendekatinya, misalnya dengan mematikan dan menghidupkan lampu ruangan.
  2. Sama halnya dengan pada manusia, kucing bisa dilatih mengerti bahasa isyarat dengan tangan, dengan gerakan yang menimbulkan getaran misalnya tepuk tangan atau gerakan menghentak hentakkan kaki.
  3. Pada saat akan memberi makan gunakan isyarat lampu baik lampu ruangan yang dihidupkan dimatikan atau menggunakan lampu senter.
  4. Karena biasanya kucing mempunyai respon yang baik terhadap belaian tangan, maka belaian tangan dapat digunakan untuk membantu memperkuat bahasa isyarat yang baru dikenalkan.
  5. Gunakan kalung kucing dengan bel, untuk mempermudah mengetahui letak dan posisi kucing.

Untuk memudakahkan penerapan bahasa isyarat dengn efektif maka seluruh anggota keluarga diharapkan menggunakan isyarat yang sama.

catatan:
photo by Kari Soderholm/ CC BY-SA 2.0

 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Gangguan Pendengaran Pada Kucing Lanjut Usia

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.