Mata Biru Pada Kucing

Warna biru pada mata kucing disebabkan sel pigmen pada iris mata yang disebut melanocyte. Terdapat dua lapisan pada iris mata yang mengandung melanocyte, lapisan luar yang disebut stroma mempunyai melanocyte dalam susunan yang renggang dan lapisan dalam yang disebut epithelium mempunyai melanocyte dalam susunan yang rapat.

Kerapatan melanocyte pada stroma iris mata menentukan warna mata kucing, apabila jumlahnya banyak (rapat) maka mataakan berwarna coklat atau kekuningan, jumlah yang lebih sedikit akan menghasilkan mata berwarna hijau, apabila melanocyte jumlahnya sedikit maka mata akan berwarna biru, sedangkan apabila tidak adanya melanocyte sama sekali akan menghasilkan mata berwarna merah. Adapun warna mata yang biru sendiri bervariasi dari biru pucat sampai biru yang indah.

mata biru

Jika pada manusia berganti ganti lensa kontak dengan warna yang berbeda beda merupakan gaya hidup maka berganti warna mata pada kucing adalah hal yang normal dan alami. Semua anak dari hewan yang suka mengeong ini akan terlahir dengan mata biru dan pada sebagian besar kucing, warna biru ini akan berubah menjadi warna lain pada usia sekitar 8 minggu. Terdapat beberapa keadaan yang menyebabkan anak kucing akan tetap berwarna biru sampai dewasa:

1.Gen warna bulu putih yang dominan : Gen yang menimbulkan warna bulu putih dengan mata biru disimbolkan dengan huruf “W”, merupakan gen dominan yang karena itu kucing hanya butuh satu kopi dari gen ini untuk diturunkan ke anaknya untuk mewariskan warna bulu putih. Gen “W” ini menutup kemunculan warna bulu yang lain. Hal ini berarti mungkin saja seekor kucing mempunyai gen warna bulu hitam atau merah – namun apabila dia membawa gen “W” maka warna hitam atau merrah tersebut tidak akan muncul. Gen “W” ini juga menyebabkan gangguan pada sel sel tertentu di bagian telinga kucing sehingga – menurut penelitian dari Cornell Feline Health Center 65% dari kucing berwarna putih dengan kedua mata biru akan terlahir tuli.

2.Albino : Terdapat lima alela yang menyebabkan albino pada kucing: Full colour (C), Burma (cb), Siam (cs), albino mata biru (ca), albino warna merah jambu (c ). Gen (cs) yang menghasilkan warna pada kucing Siam dan kucing ras lain yang berwarna pada ujung tubuhnya (colorpoint) bersifat resesif – yang berarti kucing seekor kucing harus mendapatkan gen ini dari kedua orang tuanya untuk bisa memiliki sifat warna yang sama. Gen (cs) ini menyebabkan bulu kucing tersebut menjadi sensitive terhadap panas – sehingga bagian tubuh yang perlu dingin ( hidung, telinga, ekor) bulunya kemudian berwarna sedangkan bagian tubuh lain berwarna putih atau krem.

Kucing albino bermata biru berbeda dengan kucing putih dominan, pada kucing putih dominan-kucing sebenarnya memunyai gen warna bulu akan tetapi tertutup, sedangkan pada kucing albino bermata biru – tidak ada gen warna bulu sama sekali.

 3.Gen tutul tutul putih : Kucing dengan warna bulu tutul tutul putih sangatlah banyak dijumpai, warna putihnya bervariasi dari hanya beberapa bulu saja sampai dengan hampir putih diseluruh tubuhnya. Apabila warna putih terdapat disekitar mata – maka marna matanya juga akan biru.

Ojus Azules merupakan ras kucing yang sangat langka, karena kucing ini mempunyai bulu tidak putih namun mempunyai mata biru. Tidak seperti kucing Siam yang bermata juling atau kucing dengan gen putih dominan yang cenderung tuli- kucing Ojus Azules tidak mempunyai kelainan pada mata dan telinganya. Akan tetapi kucing Ojus Azules dengan gen homozygous ( membawa dua gen yang sama dari masing masing orang tuanya) akan cacat sejak lahir (termasuk kelainan tulang kepala) atau bahkan lahir dalam kedaan mati.

Ras kucing yang mempunyai mata biru : Balinese, Birman, Foreign White, Himalayan, Javanese, Ojos Azules, Raddoll, Siamese, Snowshoe, Turkish Angora

Sedangkan ras kucing yang punya kemungkinan bermata biru (tergantung warna bulunya): American Bobtail, American Curl, Cornish Rex, Devon Rex, Exotic, Japanesse Bobtail, La Perm, Manx, Munchkin, Neva Masquerade Siberians, Persian, Ragamuffin, Scottish Fold, Snow Bengal

Catatan:
photo by salinski/ CC BY 2.0

Referensi
www. Cat-world.com.au
www. vet.cornell.edu

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Mata Biru Pada Kucing

2 pemikiran pada “Mata Biru Pada Kucing

  1. Selamat siang bung Rusdy,
    Kalau memang warna matanya putih semua, sebaiknya diperiksakan ke dokter saja –

    Yang saya tahu ketika lahir kucing matanya biru – mungkin bisa dibaca lagi artikel saya

  2. Rusdy bin suardi berkata:

    Gan mau tanya nih, , mata biru pada kucing Persia saat berumur brp ya baru dapat mata full biru semua,, saya baru beli kucing persia mata biru umur 2 bulan tapi matanya ko masih putih ya

Silahkan tinggalkan komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.