Kucing Juga Bermimpi Ketika Tidur

Adalah normal bagi seekor kucing untuk menghabiskan banyak waktunya dengan tidur, hal ini merupakan gaya hidup bagi seekor kucing yang sehat.Ketika tidur kucing juga bisa bermimpi seperti manusia.Walaupun kita hanya bisa menduga duga apa yang sedang diimpikan kucing ketika tidur. Mungkin saja kucing bermimpi sedang berlarian, sedang makan atau sedang mengejar serangga bandel yang terbang dengan suara dengung yang mengganggu.

Penelitian mengunakan EEGs (Electro Enchepalograms) pada kucing tidur menunjukkan bahwa 30% dari waktu tidur kucing adalah dalam tahap REM (Rapid Eye Movement) dimana otak masih aktif. Pada tahapan REM ini pola gelombang otaknya serupa dengan pola gelombang otak manusia. Sebagai perbandingan pada manusia hanya sekitar 20% dari waktu tidurnya berada pada tahapan REM (kecuali pada bayi yang bisa mencapai 80% dari waktu tidurnya).

Sleeping cat
ilustrasi kucing sedang tidur

Ketika kucing tidak sedang bermimpi, mereka dalam tahapan tidur nyenyak. Pada kondisi ini tubuh binatang yang suka mengeong ini sedang melakukan perawatan kesehatan, melakukan regenerasi tulang dan otot serta memperkuat system pertahanan tubuh untuk menangkal penyakit. Satu satunya gerakan yang bisa diamati ketika kucing tidur nyenyak adalah gerakan nafasnya yang naik turun.

catatan:
photo by Marg/ CC BY-NC 2.0 

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Kucing Juga Bermimpi Ketika Tidur

Satu pemikiran pada “Kucing Juga Bermimpi Ketika Tidur

Silahkan tinggalkan komentar disini