Asal Mula Kucing Rumahan

Bagi sebagian masyarakat,saat ini memelihara kucing merupakan bagian dari gaya hidup dengan biaya pemeliharaan dan perawatan yang tidak murah. Akan tetapi sebenarnya pertemanan kucing dengan manusia sudah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu dan mengalami pasang surut sesuai jaman.

Kucing rumahan digolongkan dalam Famili Felidae genus Felis atau lebih tepatnya spesies Felis catus. Para ahli percaya bahwa hewan kucing rumahan berwajah manis yang kita kenal dewasa ini merupakan keturunan dari kucing liar Afrika (Felis slvetris libyca) yang berukuran kecil berwarna coklat kehitaman bergaris mirip dengan kucing ras Abyssian yang ada sekarang.

5DM2_20131124_0038

Peninggalan sejarah menunjukkan bahwa penangkaran kucing sudah dimulai sejak 8000 tahun yang lalu di kepulauan Siprus. Diperkirakan manusia mulai menangkarkan kucing dikarenakan sifatnya sebagai pemburu tikus yang handal sehingga bisa membantu manusia mengamankan persediaan pangan dari gangguan binatang pengerat ini.

Sekitar 4000 tahun sebelum masehi ,melalui tulisan dan gambar gambar, orang Mesir kuno menjadi manusia pertama yang meninggalkan jejak sejarah hubungan kucing dan manusia. Hubungan ini berawal sebagai hubungan pertemanan dan selanjutnya berkembang menjadi persembahan. Pada sekitar 3000 tahun sebelum masehi kucing sudah menjadi hewan peliharaan dalam rumah. Pada 350 tahun sebelum masehi, kucing dianggap sebagai perwujudan dari dewi Bastet yang bertubuh wanita berkepala kucing. Dewi Bastet dihubungkan dengan kesuburan, keangunan dan kecantikan.

Panyebaran kucing ke seluruh Asia dan Eropa, penyebarannya dilakukan oleh pedangang antar Negara yang membawa kucing dari Mesir.

Pada abad pertengahan (abad ke 5 sampai dengan ke 15 masehi) di Eropa hubungan kucing dan manusia berbalik secara dramatis. Banyak kelompok religius di Eropa yang menghubungkan kucing dengan kejahatan dan sihir. Sehingga kucing banyak dibunuh. Pada saat yang sama di Eropa terjadi pandemi Black Death yang diperkirakan membunuh 75 – 200 juta orang, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersenia Pestis yang menyebar melalui tikus. Kehadiran kucing membantu mengurangi populasi tikus penyebar bakteri Yersenia pestis sehingga kucing kembali popular dan tidak lagi dibunuh.

Pelaut dari Spanyol, Perancis dan Inggris mulai membawa kucing ke Amerika dari Eropa pada pertengahan tahun 1700 an untuk membantu memerangi tikus yang mengancam persediaan pangan dalam kapal mereka.Pada pertengahan 1800 an kucing telah tersebar diseluruh dunia .

Walaupun sudah berlalu ribuan tahun, akan terapi kucing rumahan yang kita kenal sekarang ini masih banyak memiliki kesamaan dengan kucing liar pada masa awal peradaban manusia. Cara kucing berjalan,mengeong,berburu mangsa,bereproduksi dan membesarkan anak anaknya masihlah tetap sama dengan sifat sifat kucing liar ribuan tahun yang lalu.

Apakah anda punya pengalaman menarik selama memelihara kucing..?, silahkan tinggalkan komentar disini.

Orang Indonesia biasa, ayah dari dua orang anak,tinggal di Purworejo -kota kecil yang tenang di Jawa Tengah, penyuka fotografi dan kucing, alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Asal Mula Kucing Rumahan

Silahkan tinggalkan komentar disini